Folia-8Indonesia merupakan negara yang memperoleh sinar matahari dengan tingkat kelembaban yang lumayan tinggi sehingga banyak yang memilih untuk mengenakan pakaian berbahan katun. Mengapa demikian ? sebab bahan katun dapat menyerap keringat, tak panas ketika digunakan serta sangat nyaman dipakai. Tidak hanya itu saja, harganya pun lebih murah dari harga kain lain.

Walaupun harga kain katun lebih murah serta perawatannya mudah, namun janganlah sesekali mengabaikan cara mencucinya. Sama seperti kain lainnya, kain katun pun ada perawatan tersendiri yang tak dapat disamakan dengan kain lain ketika proses pencucian, salah dalam perawatan malah akan menyebabkan pakaian katun Anda menciut dan bisa juga warnanya memudar.

Lantas bagaimana cara mencuci pakaian katun yang benar, apakah dalam hal mengeringkannya pun ada cara tersendiri ? Nah, berikut ulasannya.Folia-23

Cara Mencuci Pakaian Katun

  • Pemilihan Deterjen.

Dalam hal deterjen, kain katun bisa dicuci dengan deterjen yang bisa dipergunakan untuk mencuci seluruh jenis pakaian. Apabila pakaian katun berwarna putih, maka bisa ditambahkan cairan pemutih pakaian, namun sebelumnya lihat dulu label yang ada pada pakaian katun tersebut, apakah dapat di tambahkan cairan pemutih atau tidak. Sebab pada beberapa cairan kimia pemutih bisa mengakibatkan busana katun menjadi kasar serta berserat.

  • Lebih Baik Gunakan Mesin Cuci.

Mencuci pakaian katun menggunakan mesin cuci merupakan cara terbaik. Jika pada pakaian katun dengan warna putih maupun berwarna terang terdapat noda membandel, maka ketika mencucinya bisa menggunakan air hangat.
Berbeda dengan kain katun berwarna gelap semisal hitam atau warna gelap lainnya. Janganlah menggunakan air hangat ketika mencucinya walaupun itu terdapat noda membandel sekalipun, sebab warna kain katun bisa luntur atau memudar dan hal itu akan mencemari kain lain yang berwarna terang.

  • Mengeringkan serta Menjemur.

Jangan menggunakan pengering mesin cuci yang terlalu kencang, sebab pakaian katun bisa menciut. Ketika proses menjemur, sebaiknya jemur dengan cara menggantungnya. Hal ini bertujuan supaya bentuk pakaian katun tetap terjaga.

Untuk mengeringkannya pun tak perlu di jemur di bawah panas terik matahari langsung, sebab warna pakaian katun bisa luntur. Karena bahannya tipis serta mudah kering, mengeringkan pakaian katun cukup dengan diangin-anginkan saja, dengan begitu pakaian katun pun akan mengering dengan sendirinya.

Itulah sejumlah cara mencuci pakaian katun.
Silahkan di coba dan semoga bermanfaat :)