53Baju koko yang baik adalah baju koko yang nyaman dipakai dan motifnya juga tidak norak. Fungsi utama baju koko adalah untuk menunjang sempurnanya ibadah dan tidak mengganggu ibadah orang disekitar kita. Pernah lihat nggak misalnya di dekat kita ada yang sedang sholat memakai baju dengan gambar wanita seksi atau baju yang mempunyai tulisan besar-besar dan menggelitik, Kira-kira gimana perasaan anda ketika orang dengan baju tersebut berada di depan barisan sholat anda? Mengganggu konsentrasi kan? Maka dari itu perlu diketahui beberapa tips memilih baju koko berikut ini supaya baju koko yang pas digunakan untuk ibadah tidak mengganggu ibadah orang lain. Secara garis besar tips cara memilih baju koko kita bedakan saja berdasarkan fungsinya kita bagi menjadi 2 yaitu tipe baju koko untuk ibadah sholat dan tipe baju koko selain untuk sholat /kegiatan yang lain selain sholat.

Untuk Tipe baju koko yang akan kita gunakan untuk ibadah sholat, sebaiknya pilih baju koko yang berwarna putih dan tidak bermotif, atau minim motif. Atau setidaknya baju koko yang berwarna polos meskipun tidak putih. Disunatkan untuk ibadah sholat sebaiknya memakai pakaian yang berwarna putih. Jangan memilih baju koko yang berwarna – warni dan apalagi memiliki motif yang “ramai”. Karena hal tersebut akan berpengaruh pada konsentrasi orang lain yang sedang beribadah si sebelah atau belakang kita. 59

Kemudian tipe baju koko yang digunakan untuk kegiatan lain selain ibadah sholat. Dalam hal ini kita bebas memilih motif dan warna sesuai minat kita. Mungkin anda ada yang suka motif renda-renda, bordiran, motif bunga, dan sebagainya, atau mungkin baju koko yang berwarna kuning, biru, hijau, merah dan sebagainya. Baju koko dengan berbagai motif sesuai selera anda tersebut dapat digunakan juga disaat pengajian, undangan hajatan dan sebagainya.

Selain tips memilih baju koko yang dipandang dari segi fungsinya seperti diatas tadi, kita juga perlu tahu tips memilih baju koko yang nyaman dipakai itu seperti apa supaya ketika dipakai baju koko terasa nyaman tidak panas, jahitannya enak dan kuat. Supaya lebih jelas yuk kita bahas tips memilih baju koko lebih lanjut

  1. Supaya nyaman dipakai, sebaiknya pilih bahan baju koko yang berasal dari katun, terutama kalau si pengguna sering menggunakan baju koko untuk harian.
  2. Akan lebih baik, pilih baju koko sesuai dengan karakter anda, missal dari segi warnanya disesuaikan dengan karakter anda, supaya lebih sinkron misalnya dengan warna kulit anda.
  3. Selanjutnya dari segi jahitan, pilih baju koko yang tidak simetris(lurus), tidak berkerut, Panjang Tangan / lengan pas,jika memakai marset diusahakan lebih dari Pergelangan, Lingkar lubang lengan tidak jatuh kebawah, Kerah jika dikancing longgar dan tidak ketarik kebawah, intinya jahitan baju koko pilih yang nyaman dipakai.
  4. Kemudian dari segi bordiran baju koko, pilih sesuai dengan karakter anda, misalnya anda anak muda usahakan pilih baju koko yang tidak mencoolok warna bordirannya, misalnya warna emas atau hitam. Jangan memilih baju koko yang banyak main bordiran sehingga baju koko terkesan “ramai”. Bagi orang tua, pilih baju koko yang bordirannya agak gelap. 60

Pemilihan baju koko yang pas dan pantas, akan sangat menunjang penampilan si pemakainya. Dalam memilih baju koko yang paling penting adalah bukan mahalnya baju koko yang mesti dipilih tetapi bagaimana cara dalam memilih baju koko tersebut, kita sebaiknya lebih teliti dalam melihat bahan/kain,kualitas jahitan dan bordir sehingga enak, nyaman dan “pantas” ketika dipakai meskipun harganya murah.

Sumber: http://www.jatger.net