Alnita 2.jpgSemoga artikel ini bisa menjadi bahan inspirasi untuk menjadikan banyak orang di luar sana termasuk Anda yang membaca artikel ini bisa menjadi profesional yang lebih baik. Apa saja keenam cara sederhana tersebut, silahkan simak dalam ulasan berikut ini.

1.      Meningkatkan Skill presentasi dan Public Speaking

Perlu Anda ketahui bahwa CEO, pendidik, politikus dan tokoh-tokoh berpengaruh di dunia ini adalah seorang pembicara yang baik. Beberapa diantaranya adalah Steve Jobs, Sir Ken Robinson dan Obama. Kita bisa perlu meniru mereka, kita harus berlatih dan mempraktekkan sebanyak yang kita bisa.

Dalam hal ini ada tiga saran bisa Anda lakukan. Pertama, sering-seringlah melihat dan mempelajari video presentasi TED atau TEDx. Kedua, bacalah buku-buku atau blog presentasi dan public speaking terbaik yang ditulis pakar presentasi dan public speaking kelas dunia. Ketiga, jika Anda memiliki sumber dana yang cukup, mengikuti training presentasi juga saran yang baik untuk Anda coba.

2.      Melanjutkan pendidikan

Tidak bisa kita pungkiri bahwa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi juga salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas diri kita sebagai profesional. Jika kita memiliki  waktu yang cukup, memiliki tenaga dan biaya, maka saran ini bisa Anda lakukan. Namun jika belum siap, tidak perlu dipaksakan.

3.      Mempelajari keterampilan baru

Satu sifat mendasar para profesional sukses adalah suka belajar. Mereka adalah orang yang haus dengan pengetahuan dan keterampilan. Ketika sudah mahir dalam satu keterampilan maka mereka akan tertantang untuk belajar keterampilan baru yang lebih menantang.

Kaitannya dengan hal ini, ada banyak skill baru bisa Anda coba misalnya menulis, blogging, internet marketing, atau yang lain. Intinya apapun yang bisa mendukung diri Anda menjadi lebih baik, itu layak Anda palajari.

4.      Membangun hubungan dengan eksekutif puncak

Jika  ingin cepet melejit maka tempelah orang-orang yang lebih dulu dari kita, lebih sukses dari kita, yang memiliki karier lebih cemerlang dari kita. Ketahuilah dekat dengan mereka maka peluang untuk memperluas jaringan dan menambah skill baru akan mudah Anda lakukan.

Tapi kita juga harus paham, untuk bisa dekat dengan mereka tidak mudah. Karena mereka juga akan menilai siapa diri kita. Karena itu siapkan diri kita, update berita dan isu-isu yang relevan dan terbaru kemudian bagilah pendapat kita untuk kemajuan bersama.

5.      Mencari mentor

Mentor itu penting. Mentor adalah orang yang akan membimbing kita, mengarahkan kita dan melatih kita bagaimana kita meraih apa yang Anda inginkan. Tapi bukan sembarang mentor. Kita harus selektif. Kita harus mencari mentor yang kompeten, dan bersedia membimbing kita.

Lantas di mana kita bisa mencari mentor? Di mana saja bisa di dalam instansi tempat kita bekerja atau bisa juga dari luar instansi kita. Yang penting mereka memenuhi standar yang kuat sebagai seorang mentor.

6.      Memperbaiki penampilan

Seberapa baik penilaian orang lain juga  dipangaruhi oleh penampilan kita. Hal ini menunjukkan penghargaan kita terhadap diri sendiri dan orang lain yang bersama kita. Berinvestasilah untuk penampilan kita. Percayalah ini akan akan membalut diri kita sebagai profesional yang menarik, percaya diri dan menyenangkan.

Sangat penting bahwa Anda menetapkan standar yang tinggi untuk diri sendiri. Tetap lapar untuk belajar dan mengambil setiap kesempatan untuk memperbaiki diri. Ketika Anda dapat memaksimalkan keterampilan yang perlu dikembangkan, Anda akan jauh lebih diperhitungkan.

Sumber : cafemotivasi