alnita37 copy

Mengutamakan kualitas dan inovasi produk

Tidak bisa dimungkiri lagi, kualitas produk adalah salah satu syarat utama untuk meningkatkan tingkat penjualannya. Dengan produk yang berkualitas, anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk mendapatkan banyak custumer. Saat satu custumer puas dengan kualitas produk tersebut, dia tidak akan segan-segan mempromosikannya dengan orang lain. Daripada anda membuang uang untuk melakukan promosi, biarkanlah pelanggan anda yang melakukannya secara otomatis tanpa kita sadari Selama mereka diperlakukan dengan baik, mereka tidak akan sungkan untuk merekomendasikan bisnis anda ke keluarga atau kerabat.

Bisnis dengan produk yang sama di pasaran tidak akan tercapai maksimal jika anda hanya mengandalkan produk yang lama tanpa mengubah nilai dari produk tersebut. Inovasi sangat diperlukan bagi kelancaran usaha anda sekalipun anda memiliki modal yang cukup besar. Sebuah inovasi dalam bisnis itu mutlak diperlukan agar kita dapat bersaing didunia retail, namun tidak harus dilaksanakan atau dilakukan untuk mengubah produk lama secara keseluruhan. Inovasi merupakan suatu cara bagi anda untuk membuat suatu produk baru dengan metode baru atau dengan desain baru yang lebih baik dari produk lama yang telah atau belum pernah dipasarkan. inovasi juga bisa disebabkan karena permintaan pasar yang ingin mendapatkan barang baru dengan fungsi yang berbeda. Barang atau produk yang lama memang laku di pasaran namun konsumen menginginkan produk baru yang juga sama menariknya dengan produk lama. Kedua produk itu nantinya bisa memuaskan kebutuhan konsumen sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan toko.

  1. Memberi pelayanan baik kepada pelangganDalam melakukan sebuah penjualan, hal pertama anda lakukan yaitu memberikan kesan baik kepada custumer anda. Semua custumer pada dasarnya adalah sama. Mereka sama-sama membeli produk anda karena didorong oleh suatu kebutuhan atau keinginan yang harus dipenuhi. Berapapun uang yang mereka keluarkan, berapapun produk yang mereka beli, mereka mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan terbaik. Jika mereka dikecewakan, mereka tidak akan sungkan-sungkan untuk menjelek-jelekkan toko anda dan bisnis anda di depan banyak orang. Beri layanan yang memuaskan dan custumer akan kembali kepada anda.
  2. Melakukan promosi secara efektif dengan menjual lebih banyak kepada pelangganBeberapa trik efektif untuk membuat custumer melakukan pembelian produk kita dalam jumlah besar. Langkah sederhana ini adalah dengan membuat paket-paket produk. Paket produk ini bertujuan agar custumer membeli produk kita lebih dari satu produk, misalnya saja paket bundling, paket hemat, paket premium ataupun paket-paket saat periode tertentu (hari besar, hari istimewa, dan sebagainya). Sehingga omzet penjualan yang kita dapat lebih dari satu jenis produk dan custumer pun mendapatkan variasi produk.
  3. Menambah outlet di berbagai daerah dengan tujuan target pasar baru dan mendapat pelanggan baruDalam meningkatkan dan mengembangkan usaha, diperlukan pemasaran yang lebih intensif. Salah satunya dalam usaha tersebut adalah dengan pembukaan outlet baru. Usaha membuka outlet baru sangat dibutuhkan karena kejenuhan pada satu area pemasaran membutuhkan pembukaan area pemasaran baru agar perkembangan dan kemajuan target omzet penjualan dapat dicapai sehingga memungkinan custumer dapat membeli produk anda, yang lokasinya dekat dengan tempat tinggalnya.

    Tujuan utama dalam menambah outlet yaitu meningkatkan layanan kepada custumer serta menjadikan salah satu caras bisnis dalam rangka meningkatkan jumlah custumer baru di berbagai daerah.Anda harus melihat apakah suatu segmen potensial memiliki karakteristik yang secara umum dalam menarik seperti ukuran, pertumbuhan, profitabilitas, skala ekonomi, resiko yang rendah dan lain-lain. anda harus memastikan bahwa outlet barunya memiliki segmen pasar yang dibidik itu cukup besar dan akan cukup menguntungkan bagi anda. Setelah anda mengidentifikasi peluang target pasar, selanjutnya adalah mengevaluasi beragam segmen tersebut untuk memutuskan segmen mana yang menjadi target pasar. anda juga perlu mempertimbangkan apakah berinvestasi disuatu daerah dilokasi dapat memberikan keuntungan dan menghindari kerugian.

  4. Mengadakan diskon produk dan penawaran khusus
    Konsumen akan sangat senang jika mendapatkan diskon saat membeli produk. Untuk menawarkan diskon, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Berikanlah diskon rasional yang tidak memberatkan anda sesuai harga pokok produksi anda. Jika memberikan diskon terlalu besar, itu akan menjadi bumerang sendiri bagi anda. Jangan terlalu sering memberikan diskon karena diskon seharusnya diberikan pada saat tertentu, efektifitasnya biasanya menjelang hari raya dan akhir tahun  juga dalam pemberian discon gunakan jangka waktu terbatas. Penawaran khusus terkadang lebih menarik daripada diskon, sehingga custumer dapat melihat bahwa penawaran khusus biasanya diberikan demi meningkatkan loyalitas pembelian custumer, walaupun dalam garis besar penawaran khusus diberikan agar custumer lebih cepat membayar.

Dengan cara yang tepat perusahaan akan memperoleh hasil omzet penjualan yang maksimal atas investasi yang ditanam.Berhasilnya sebuah bisnis didasari oleh penjualan tinggi, bisnis gagal karena penjualan rendah. Seiring perkembangan jaman, Sudah banyak daerah atau kota yang dulunya sepi sekarang sudah menjadi ramai, yang dulunya tidak ada toko sekarang sudah dipenuhi toko-toko, Baik toko kecil maupun yang besar. Terlebih dahulu untuk awal anda harus menggali informasi informasi mengenai toko mana yang bagus dan ramai untuk produk yang akan ditawarkan atau dijual disuatu daerah. Untuk meningkatkan omzet penjualan toko, tentunya juga harus didukung oleh software yang mengakomodasi semua yang dibutuhkan.

Sumber : zahiraccounting