alnitaaa copySebenarnya banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan omset penjualan produk di Facebook. Saya sendiri juga mengenal seseorang yang mempunyai omset juta’an perbulan dari facebook yang mana ia pernah mengikuti kursus bisnis toko online dan setelah mempraktekan apa yang dia pelajari dia sudah mempunyai toko online sendiri yang hingga sekarang masih menjadi penghasilan utama yang menjanjikan. Disini saya akan menjelaskan dasar-dasar bagaimana membuat strategi pemasaran dan promosi di Facebook agar cepat laku dengan efektif . Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan apa saja cara jitu jualan di Facebook agar laris nantinya.

  1. Tentukan Produk
    Jika anda adalah seorang Reseller atau mungkin ingin menjual produk sendiri, pastikan barang yang akan anda jual adalah barang yang mempunyai peluang pasar dan minat yang tinggi dikalangan masyarakat. Nah, ada beberapa kesalahan atau tradisi yang menyimpang di dunia bisnis online yang salah satunya adalah memperjualkan produk sesuai Background diri sendiri. Maksudnya disini adalah sebuah pemikiran dimana jika penjual adalah seorang Pria, barang yang dijual adalah Jam tangan, Jaket kulit dan lainya. Begitu sebaliknya, jika penjual seorang wanita yang harus dijual berarti Perhiasan, Tas ataupun perlengkapan Make Up.
  2. Bidik Target Penjualan
    Bagaimana mencari pemirsa yang tertarget di Facebook sesuai produk yang anda jual? ini adalah sebuah tahap yang saling berkaitan dengan sebelumnya yatu dengan memilih produk. Jika produk yang anda jual adalah produk wanita, entah itu Tas, alat-alat Make Up, atau perlengkapan rumah tangga, anda bisa mencari calon pembeli yang bertema tersebut di sebuah forum atau grup di Facebook yang masih berkaitan dengan wanita seperti contoh “Resep Makanan”. Di sebuah grup Facebook tersebut anda akan menemui pemirsa yang masih berhubungan dengan produk anda. Disa’at itulah anda bisa mempromosikan di grup Facebook tersebut atau membernya bisa anda jadikan teman Facebook anda.
  3. Tentukan Waktu yang Tepat Untuk Upload
    Ini adalah hal yang sangat sedikit para pelaku Olshop di Facebook yang memperhatikanya. Waktu yang tepat untuk Upload contoh gambardi Facebook akan membantu memperbanyak pengguna Facebook yang menjangkau kiriman anda. Contoh kecil bahwa anda upload contoh gambar produk pada jam 1 malam tidak akan lebih baik dibanding jam 5 sore. Karena pada sore hari dan seterusnya hingga tengah malam adalah selesainya jam kerja seseorang dan waktu istirahat yang tidak sedikit seseorang bisa bersantai, buka Facebook dan lain lain terkecuali memang mempunyai pekerja’an di sore hari. Bukan sebatas analisa dari Jam saja, Hari pun begitu. Menurut pengalaman saya, hari atau waktu yang paling tepat adalah pada malam minggu karena disa’at itu malam yang panjang akan digunakan sebagai malam bersantai bagi para pengguna Facebook karena tidak tergesa-gesa oleh pekerjaan di esok hari. Untuk bulan, kalau bisa jangan Upload contoh gambar produk secara besar-besaran pada tanggal tua, atau akhir bulan. Pasti anda sendiri sudah tahu apa alasanya.
  4. Optimasi Fanpage, Group Facebook dan akun Facebook
    Untuk optimasi grup Facebook anda bisa membuat nama Group yang bekaitan dengan produk anda. Hindari pemakaian nama dengan nama produk. atau seperti ”Jual jam tangan” karena kata-kata tersebut kurang menarik. Begitu pun menjual produk wanita, hindari menggunakan nama atau berbau tujuan penjualan langsung. misal anda menjual tas atau busana, anda tinggal membuat nama grup Facebook apa yang masih berkaitan dengan wanita.
  5. Hindari “Tag Marketing ” Secara Berlebihan
    Setelah anda mengetahui beberapa cara agar jualan di Facebook cepat laku diatas, maka anda tinggal memasarkanya dengan Tag teman Facebook anda atau posting di grup yang masih berkaitan dengan produk yang anda jual maupun posting lewat Fanpage. Tetapi yang perlu anda hindari adalah pemasaran dengan Ngetag teman Facebook secara berlebihan. Berlebihan dalam arti anda terlalu sering Tag teman Facebook anda. Untuk mengetahui alasanya coba anda posisikan sebagai pengguna Facebook yang di Tag. Tentu pada sejatinya iklan adalah sesuatu yang kurang disukai apalagi jika dilakukan dengan Tag secara berulang-ulang. Ini akan menjadi Boomerang tersendiri bagi proyek akun Facebook yang anda buat jualan akan berpeluang du Unfriend maupun diblokir.
  6. Cari Target Pembeli “Abnormal”
    Contoh jika anda memasarakan Produk wanita seperti Busana, hal yang perlu anda lakukan jangan hanya mencari target penjualan pada Wanita saja tetapi juga Pria. Bukan karena sebuah target pemasaran agar dia membeli, tetapi hal tersebut akan membantu anda jika anda menggunakan Tag Marketing. Bagaimana bisa ? sekarang coba anda bayangkan. Jika anda upload sebuah contoh gambar produk yang akan anda jual dan hanya Tag teman Facebook anda yang Wanita, mayoritas yang melihat adalah para Pria. Karena juga sudah hukum alam jika Wanita tertariknya sama Pria. Begitu juga sebaliknya, jika anda Tag teman Facebook anda yang Pria, mayorritas yang menjangkau kiriman adalah Teman Facebooknya yang mayoritas Wanita. Jadi, disini fungsi pengguna Facebook yang bertentangan dengan produk yang anda jual adalah sebagai objek promosi pada teman Facebooknya yang itu berkaitan dengan Produk yang anda jual.

Cukup sekian semoga tips-tips diatas dapat memberikan solusi bagi anda yang melakukan pemasaran di internet melalui Facebook. Terima kasih.

Sumber : ericknetizen