AA03a.jpg

Menjaga Lisan itu penting salah satu hal yang penting loh bunda. Kunci dari semua urusan yang terkait dengan masuk surga adalah lisan dan mulut . Kalau seseorang bisa menjaga lisannya dalam artian kita tidak mengucapkan kecuali yang baik dan jika tidak menemukan kebaikan di dalammya maka sebaiknya kita diam serta mulutnya tidak mengonsumsi kecuali yang dihalalkan Allah SWT. Nisacaya kita akan masuk surga Allah SWT.

Ternyata betapa pentingnya menjaga lisan itu yah sahabat sampai dikaitkan dengan masuk surga. Maka dari itu juika kita salah satu orang yang gemar berbicara, bersama Kaos Muslim Keluarga Dhikr kita simak kiat agar kegemaran seseorang dalam berbicara bisa tetap bermanfaat menurut Ustadz Ahmad Bisyri Syakur Lc. MA, penulis buku The Pocket Fiqh.

  • Banyak Berdzikir, minta pertolongan Allah agar lisan terjaga dari dosa, dan basahilah ia dengan Dzikir.
  • Beristighfar jika menyadari ada kekeliruan dalam ucapan, dan berjanji tak mengulanginya lagi.
  • Cara pergaulan yang sehat yang positif, seperti berteman dengan orang yang penting, yang jelas kehidupannya di masyarakat.
  • Orang pentinghanya bicara yang penting. Jangan bergaul dengan orang yang gemar ngerumpi atau suka nongkrong di pinggir jalan, biasanya itu banyak membicarakan hal tak penting.
  • Pandai-pandai membawa suasana pembicaraan. Maksudnya jangan selalu menjadi objek atau pendengar dari sebuah pembicaraan, tapi harus lebih aktif dalam berbicara sehingga kita bisa mengandalikan mana pembicaraan yang pantas dan mana yang tidak.
  • Sibukkan Lisan dengan hal-hal yang bermanfaat. Sebaiknya sibukkan lisan dengan hal-hal yang bermanfaat yah bunda jika tidak,otomatis ia akan sibu dengan yang tidak bermanfaat. Perbanyak membaca ya daripada mendengar, dan lebih banyak mendengar daripada berbicara.

Jadi berhati-hatilah dengan lisan kita yah , Semoga kita bisa menjadi pribadi yang selalu menjaganya dengan baik dan melakukan yang bermanfaat dengan lisan kita.