d-df33a-df34a

Pakaian merupakan bagian dari identitas diri yang tidak bisa kita abaikan begitu saja. Sebab, salah satu hal yang menjadi titik perhatian orang terhadap penampilan kita adalah pada pakaian yang kita kenakan. Oleh sebab itu, setiap detil dari pakaian yang kita kenakan harus mendapatkan perhatian yang rata, termasuk soal kebersihannya.

Sayangnya, sehati-hati apapun kita dalam menjaga kebersihan pakaian yang kita kenakan kadang tanpa sengaja kita membuat pakaian kita kotor terkena noda. Mulai dari noda makanan dan minuman, sampai noda tinta pulpen atau spidol yang susah hilang dan seringkali membuat kita bete seharian.

Eits, udahan dong manyunnya! Sebab, seperti disebutkan dalam laman http://www.wikihow.com, tips berikut ini akan membantu kamu menyelesaikan masalah dengan noda tinta yang membandel pada pakaian. Yuk, simak!

  • Gunakan Tisu

    Jika noda tinta mengenai pakaian kamu, segeralah mengambil tisu untuk menyerap noda tinta tersebut. Yang perlu kamu ingat saat noda tinta mengotori pakaian kamu adalah, jangan menunda untuk membersihkannya. Sebab, noda tinta yang telah mengering dan menempel pada pakaian akan lebih susah dihilangkan. Sementara, jika kamu segera mengambil tindakan untuk membersihkannya, tisu yang kamu gunakan akan membantu menyerap tinta yang masih basah dari kain, membuat noda menjadi samar sehingga mudah dihilangkan.

  • Gunakan Alkohol

    Setelah mengambil tindakan penyelematan dengan tisu, kamu bisa segera mencuci pakaian kamu. Untuk membersihkan bekas noda yang masih tersisa, kamu bisa menggunakan bantuan alkohol gosok atau spiritus metilasi. Caranya, rendam cotton-bud atau kapas ke dalam alkohol, lalu gosokkan cotton-bud tersebut pada area noda tinta yang melekat pada pakaian. Ulangi cara ini sampai noda yang menempel pada pakaian kamu menghilang. Setelah itu, cuci pakaian kamu seperti biasa.

  • Gunakan Hairspray

    Selain Alkohol, kamu juga bisa menghilangkan noda tinta pada pakaian kamu dengan bantuan hairspray, lho! caranya, rebahkan pakaian kamu yang telah terkena noda tinta, lalu lapisi bagian yang terkena noda dengan tisu dan semprotkan hairspray di atasnya. Hairspray akan membuat noda larut, sehingga akan lebih mudah dihilangkan saat pakaian dicuci.

  • Susu

    Siapa sangka bahwa minuman menyehatkan ini ternyata juga bisa kamu gunakan sebagai solusi cerdas untuk menghilangkan noda tinta di pakaian kamu? Yep. Susu, ternyata juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian kamu. Kamu bisa memilih susu dingin, susu hangat, atau susu basi dengan cara berikut ini

    • Susu dingin. Setelah melapisi bagian pakaian yang bernoda dengan tisu, rendamlah pakaian kamu ke dalam susu yang telah didinginkan selama setengah jam. Selanjutnya, cuci pakaian kamu seperti biasa.
    • Susu hangat. Panaskan susu cair hingga mencapai suhu suam-suam kuku, lalu tuangkan ke dalam wadah untuk merendam pakaian yang telah terkena noda tinta. Rendam pakaian selama beberapa saat, lalu bilas dan cuci seperti biasa.
    • Susu basi. Kamu punya susu kental manis yang sudah kadaluwarsa? Jangan dibuang. Gunakan sebagai cara alternatif untuk membersihkan noda tinta pada pakaian. Caranya, masukkan susu ke dalam wadah, lalu jemur di bawah sinar matahari. Ketika susu mulai berubah bentuk dan bau, gosokkan susu tersebut ke area pakaian yang bernoda tinta, ketika susu dan tinta bercampur, angkat dengan tisu. Setelah itu, celupkan sabun mandi batangan ke dalam air dingin, lalu gosokkan ke area noda pada pakaian. Ketika noda hilang, bilas pakaian dan cuci seperti biasa.

Nah, itulah beberapa cara untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian yang (kadang) membuat kita jadi bete karenanya. Semoga bermanfaat!

Sumber

Vemale

By

Devi