wp-150929

Pernahkah kamu merasa sayang membuang pakaian lama yang sudah tidak pernah dipakai? Bisa jadi karena baju tersebut memiliki kenangan tersendiri di masa lalumu. Contohnya baju pengantin, atau kaos yang merupakan hadiah dari seseorang yang spesial di hati. Agar baju berharga tersebut tetap awet, simak saja tips menyimpannya dalam jangka waktu yang panjang berikut ini,

Bersihkan terlebih dahulu

Sebelum disimpan di lemari, pastikan pakaian dalam keadaan bersih dan kering. Bebas dari semprotan parfum atau residu lain karena dalam waktu lama bisa mengubah warna. Selain itu, noda atau kotoran yang lama diabaikan akan menimbulkan baju tak sedap dan semakin kotor.

Hindari tas plastik dan kardus

Membungkus pakaian dengan tas plastik akan membuat pakaian lembap sehingga menimbulkan bau apek. Begitu juga dengan kardus, bahannya mudah digigit tikus atau diserang hama lain. Agar aman dan tetap bersih, bungkus pakaian dengan wadah kedap udara yang terbuat dari plastik lengkap dengan penutup.

Hindari kapur barus

Meski sering digunakan untuk mengusir ngengat, namun kapur barus ini tidak sepenuhnya efektif. Resiko lain, kapur barus biasanya mengandung paradichlorobenzene, sejenis bahan kimia yang sangat berbahaya. Uapnya yang bersifat karsinogenik juga dapat mengiritasi sistem saraf. Sebagai pengganti, kamu bisa menggunakan kayu cedar alami.

“Bersih, Sejuk, Gelap dan Kering”

Ruang untuk menyimpan baju hendaknya memiliki suhu yang stabil. Jika mengatur suhu merepotkan kamu, cukup pastikan bahwa area penyimpanan dalam keadaan bersih, sejuk, gelap dan kering.

Nah, dengan keempat tips di atas, baju kesayanganmu akan senantiasa dalam keadaan baik setelah penyimpanan yang cukup lama.

Sumeber

Molto

By

Devi