mutif112 (1)

Sst… Jangan Katakan Ini Saat Ngobrolin Fashion dengan Sahabat – Wanita memiliki segudang hal menarik untuk dibicarakan, apalagi saat hang out bareng sahabat. Ada saja yang bisa diobrolin mulai dari urusan dapur, berbagi resep masakan lezat, tips merawat rumah, soal kecantikan, perawatan kulir, tubuh, rambut, hingga soal padu padan fashion terkini. Topik-topik terhangat seputar wanita sangat asyik untuk didiskusikan. Namun, tau gak sih Dear, gak semua hal bebas untuk kamu katakan saat ngobrolin fashion dengan sahabatmu. Hal-hal yang cukup sensitif tentunya harus disortir agar tidak membuat suasana hangat berubah jadi awkward saat sedang asik-asiknya ngobrol.

Jangan Terlalu Frontal Ngomongin Harga, Karena Gak Semua Orang Bisa Beli Baju yang Mahal

Ngobrolin fashion emang gak ada habisnya. Mulai dari model baju, trend fashion terbaru, brand yang bermutu, warna-warna yang eye catching, sampai perkara harga pasti menarik buat dibahas. Saat kamu lagi enak-enaknya ngobrol bareng sahabat, mungkin kamu mulai curi-curi pandang dengan apa yang dipakainya. Ih, kok baju yang dia pake bagus ya.. pasti mahal nih. Kemudian mulai penasaran, belinya di mana ya? Brand-nya apa? Berapa harganya. Tiba-tiba kamu nyeletuk, “Baju kamu bagus, harganya berapa sih… pasti mahal ya?”

Dear, perlu kamu tahu bahwa gak semua baju bagus itu harus mahal. Tergantung pinter-pinter mix and match aja. Pertanyaan soal harga ini mungkin bagi sebagian orang sah-sah aja untuk ditanyakan. Namun, gak semua orang nyaman dengan pertanyaan soal harga ini. Apalagi kalau kamu kebetulan sedang hang out rame-rame. Kayaknya kurang etis lah ya kalau ditanyakan di hadapan orang banyak. Bisa jadi harga bajunya memang mahal, saat ia sebutin harganya bisa menimbulkan kesenjangan. Bisa pula ternyata harganya gak mahal-mahal banget bahkan cenderung murah, gak enak juga kan jatuhnya?

So, kendalikan dirimu untuk tidak bertanya soal harga baju yang sedang dipakai sahabatmu. Kalaupun kamu pengen tahu banget, sebaiknya bicarakan secara personal ya Dear…

Jangan Buru-Buru Nge-Judge, Mungkin Dia Memang Sengaja Pakai Koleksi Lama-nya yang Tersimpan di Lemari

“Ih, baju kamu gak update deh. Pasti belinya pas end session, yah?

Dari nadanya aja, kalimat di atas udah pasti gak enak didengar. Apalagi kalau itu kamu tujukan pada sahabatmu sendiri. Coba deh posisikan dirimu sebagai dia, apakah kamu bakalan nyaman ditodong pertanyaan seperti itu? Pastinya ada rasa tersinggung, sebel, jengkel atau marah kan dalam hatimu? So, hati-hati ya Dear saat mau mengeluarkan komentar atau pertanyaan ke sahabatm waktu ngobrolin fashion dengannya.

Mungkin kamu gemes liat penampilannya yang terkesan jadul dan gak update. Eit, jangan buru-buru menjudge bahkan cenderung mendiskreditkan. Mungkin aja dia memang sengaja memakai koleksi lamanya yang tersimpan di lemari, dari pada mubadzir kan lebih baik dipakai. Pasti dia punya alasan tersendiri saat memutuskan untuk memakainya. Toh itu hak dia, kan? Lebih baik kamu positif thinking. Selama penampilannya tidak mengganggu, jangan berkomentar yang pedes-pedes dan nyakitin. Pilih kata-kata yang baik untuk mengungkapkan pendapatmu, kalaupun pakaiannya memang tak cocok untuknya.

Beberapa Sahabatmu Bisa Jadi Kurang Punya Sense Untuk Mix and Match. Tugasmu Hanyalah Mengingatkan, Bukan Menjatuhkan

Sahabat ibarat cerminan dari diri kita. Karena setelah keluarga, mungkin sahabat menjadi orang yang paling perhatian dalam kehidupanmu. Banyak hal yang bisa kita share ke sahabat, saat ingin meminta pendapat, memutuskan sesuatu, bahkan menilai diri kita. Konon, sahabat yang baik akan memberi penilaian yang jujur, kritik dan saran yang membangun. So, saat kamu melihat sahabatmu yang mungkin berpenampilan luar biasa dalam tanda kutip tidak pandai dalam memadu-padankan pakaiannya, boleh saja kamu memberi penilaian kepadanya.

Mungkin ia tidak bermaksud berpenampilan yang buruk, hanya saja ia tidak punya sense yang bagus dalam mix and match. Nah, di sinilah peran kamu sebagai sahabat untuk mengingatkan, bukannya menjatuhkan. Kalau kebetulan kamu tahu sedikit tentang fashion, beri saran sahabatmu bagaimana tips memadu-padankan yang tepat. Bagaimanapun juga, sahabat akan selalu berjalan beriringan. Bahkan sahabat yang baik akan mendorong sahabatnya untuk lebih maju.

Jangan Suka Membanggakan Diri Seolah Paling Update Soal Fashion, Kamu Bisa Malu Sendiri Lho…

Oke, bisa jadi kamu memang update soal fashion karena sering membaca artikel, mengikuti trend fashion, sering belanja ke mal dan butik, suka mengupdate apa yang dipakai artis-artis biar tampil menawan, and then so what gitu? Kamu gak perlu membangga-banggakan diri seolah paling update soal fashion pada sahabatmu. Lebih baik kamu ajak sahabatmu untuk berdiskusi, karena sahabatmu pasti bakalan bete dan jengah banget kalau kamu terlalu over exited saat membahas sesuatu. Sst… mungkin sahabatmu punya pengetahuan yang lebih update lho… So jangan lebay ya Dear…

Boleh Sih Ngajakin Sahabat Buat Hunting Baju, Tapi….

Akan lebih seru kalau belanja baju bareng sahabat, karena kamu bisa sekalian minta pendapatnya baju itu cocok atau enggak sama kamu. Tapi, ada catatan penting nih buat kamu yang suka ngajak sahabatmu buat hunting baju. Pertama, jangan rewel soal memilih baju. Kamu bisa bertanya satu atau dua kali pada sahabatmu, tapi kalau kamu kebanyakan nanya pasti bikin sahabatmu jadi ilfil. Dikiranya kamu tidak menghargai pendapatnya. So, sebaiknya kamu batasi pilihan baju yang kamu coba. Pilih di antaranya, sahabatmu pasti memberi saran yang terbaik kok dan gak bakal menjerumuskanmu.

Kedua, jangan memaksa sahabatmu untuk beli samaan. Nah, ini penyakit yang kudu dihilangkan. Kamu yang niat beli, tapi karena ada promo beli 3 dapat 1 kamu jadi ‘memaksa’ temenmu  buat ikutan beli biar dapat bonus. Atau kamu yang masih alay banget pengen semua barang-barang samaan dengan sahabat. Dear, coba kamu lihat dulu apakah sahabatmu bener-bener membutuhkan baju tersebut? Mungkin dia juga tidak mempersiapkan budget untuk membelinya. Kecuali kalau kamu niat buat nraktir sahabatmu sebagai ucapan terimakasih. Itupun gak harus kamu yang milihin kan?

Gak Ada Salahnya Saling Memuji Penampilan Untuk Membesarkan Hati Sahabat

Nah, daripada mengatakan hal yang tidak-tidak saat ngobrolin fashion dengan sahabat, belajarlah untuk saling memuju penampilan sahabatmu saat bertemu. Pujian-pujian kecil seringkali lebih ngena di hati lho, sekaligus membesarkan hati sahabatmu. Pujian yang tulus bisa memjadi bumbu-bumbu yang membuat persahabatanmu jadi lebih manis. Hindari mengkritik tajam tanpa alasan, sebaliknya, siapkan kata-kata yang bisa membuat sahabatmu makin percaya diri meskipun ia masih ada kekurangan.

Itulah beberapa tips dari Shopious yang bisa kamu praktekkan saat ngobrolin fashion bareng sahabatmu. Semoga persahabatanmu makin awet ya!

Sumber http://blog.shopious.com

Firda