iq-a7c

Dengan semakin maraknya tren baju dan busana. Semakin banyak pula jenis-jenis kain yang digunakan oleh para perancang busana. Di antara jenis-jenis kain tersebut, ada beberapa yang mungkin sudah sering kamu dengar atau rasakan sendiri kelembutannya. Beda jenis kain tentu beda pula perawatannya. Masing-masing memiliki tips kain sendiri-sendiri yang harus dipahami sejak pertama kali dibeli. Berikut adalah lima tips kain yang umum digunakan masyarakat Indonesia serta cara perawatannya.

Katun

Katun adalah favorit bagi semua orang. Banyak pakaian yang menggunakan jenis kain ini untuk berbagai model. Salah satu keunggulannya adalah kemampuan untuk menyerap keringat sehingga sangat cocok bagi daerah yang bersuhu panas. Satu hal yang harus diperhatikan dari kain katun ini adalah warnanya yang gampang pudar sehingga memerlukan perawatan khusus, antara lain, dengan tidak merendamnya terlalu lama serta menjemur langsung di bawah terik matahari. Dianjurkan pula agar pakaian dengan jenis katun disimpan dengan cara digantung, karena lipatan akan membuatnya cepat kusut.

Wol

Ketika kain wol menyerap noda, maka akan sangat sulit untuk dibersihkan. Selain itu, perawatannya pun juga tidak boleh sembarangan. Kain jenis ini tidak boleh disikat karena akan membuat serat kain bermunculan keluar. Untuk merawatnya, gunakan pelembut pakaian khusus kain wol seperti pewangi dan pelembut pakaian Molto All in One serta gunakan kain lembap di bagian bawahnya sebagai alas setrika. Setelah itu lipat dan simpan di dalam lemari.

Sutera

Sutera adalah kain berkualitas tinggi yang halus dan memerlukan perawatan yang sangat mendetail. Jenis kain sutera memberikan kesan elegan dan anggun bagi para pemakainya. Untuk itu, mutlak bagimu untuk memperhatikan cara perawatannya, misalnya dengan menggunakan deterjen khusus pakaian berbahan sutera dan cuci dengan pilihan Delicate pada mesin cuci, selain itu, tambahkan pelembut pakaian supaya kelembutannya terus terjaga. Yang terakhir, seterika pakaian dengan suhu menengah, jangan terlalu panas, Ladies.

Rayon Spandex

Rayon spandex, atau yang sering kamu dengar dengan istilah linen, memiliki keunggulan dalam menyerap keringat serta menjaga temperature tubuh. Kain jenis ini sangat cocok digunakan untuk berolahraga. Untuk perawatannya, sebaiknya pisahkan pakaian rayon spandex dengan pakaian-pakaian lain yang bertekstur kasar. Cuci pakaian dalam air dingin selama 20 menit dan jangan sampai menyikat atau memeras terlalu kuat agar tidak melar.

Denim

Baju atau celana dengan kain denim saat ini sangat digemari oleh para muda. Selain itu, sejak jaman koboi di Amerika, kain jenis ini selalu terlihat keren untuk digunakan. Keunggulan jenis kain denim ini adalah tidak mudah kotor serta kuat gesekan. Kelemahannya, bila dicuci terlalu sering bisa bikin warna cepat pudar, Ladies. Untuk perawatannya, cuci dengan air dingin jemur dengan bagian dalam berada di luar agar kainnya tetap awet karena tidak terpapar langsung oleh sinar matahari.

Itulah beberapa tips mewarat pakaian berdasarkan jenis kainnya.

Sumber

Molto

By

Devi