qk-koko-le03

Apakah kamu sering bertengkar dengan si buah hati karena masalah baju? Well, mulai saat ini biarkan anak memilih bajunya sendiri. Apa alasannya? Simak manfaatnya berikut ini ya!

Mengekspresikan diri

Kalau anak lebih senang memilih sendiri pakaian yang akan dikenakan itu adalah hal positif. Karena dengan memilih sendiri model, warna pakaian yang akan dipakai mendorong anak untuk berani mengekspresikan diri sesuai karakternya.

Mengembangkan Diri

Anak akan merasa disayang oleh orang tua bila kamu bisa menerima mereka apa adanya. Termasuk untuk urusan memilih pakaian yang akan dikenakan. Ia akan bisa terlatih mengembangkan diri bilamana kamu memberikan keleluasaan untuk mereka membeli baju yang mereka sukai.

Dengan memberi kebebasan pada anak untuk memilih baju kesukaannya, kamu sudah membantu anak untuk bisa memutuskan sesuatu. Ini sangat berguna untuk masa depan anak kelak. Jadi anak tidak merasa terhambat untuk bisa mengembangkan potensi diri yang dimilikinya.

Belajar bernegosiasi

Saat anak diperbolehkan menentukan sendiri pilihan atas pakaiannya, ia juga belajar untuk bernegosiasi. Jadi saat anak menolak baju yang kamu pilih, tanyakan kepadanya alasan memilih baju tersebut. Jika ternyata alasannya cukup relevan, biarkan saja anak akhirnya memakai baju yang disukai. Tapi kamu boleh kok untuk memberikan saran atas pilhan bajunya. Kemampuan bernegosiasi harus bisa diasah sejak dini agar anak berani mengeluarkan pendapat sendiri.

Lebih mandiri

Salah satu cara untuk melatih anak mandiri bisa dengan cara mengizinkan anak memilih baju sendiri. Dengan begitu anak tidak tergantung pada kamu setiap kali menentukan baju yang akan dipakai. Bahkan saat anak memilih baju sendiri dan berusaha memadupadankan model dan warna, disinilah anak melatih kemandiriannya sendiri tanpa bantuan orangtuanya.

Nah mulai sekarang, saat kamu mengajak anak ke pusat belanja untuk membeli baju baru, dorong anak untuk bisa menentukan baju pilihannya sendiri. Sebagai orang tua, kamu hanya perlu menjaga kebersihan baju mereka. Selain dicuci, baju anak sebaiknya juga harus dibebaskan dari bau tak sedap.

Sumber

Molto

By

Devi

Advertisements