Qirani editIvan Gunawan baru saja merilis koleksi busana muslim perdananya. Sebagai desainer, Ivan pun kerap gemas dengan gaya wanita ketika mengenakan busana tertutup tersebut. Menurutnya masih ada wanita yang kurang memperhatikan padu-padan busananya. Berikut empat hal yang sebaiknya dihindari ketika memakai busana muslim:

  • Pakai Manset Sebagai Luaran
    Keponakan dari perancang busana Indonesia, Adjie Notonegoro, itu menuturkan bahwa salah satu yang masih sering dilakukan wanita ketika memakai busana muslim adalah memanfaatkan manset sebagai luaran. Manset didesain khusus untuk dalaman busana wanita berjilbab agar kulit tidak terekspos ketika mengenakan pakaian menerawang atau pendek. Saat dipakai sebagai luaran maka akan membentuk tubuh dan kurang etis dipandang terutama bila memadukannya dengan kerudung pendek. Kesalahan ini perlu dihindari agar tidak memperlihatkan lekuk tubuh.
    “Kesalahan utama itu pakai manset. Blouse lengan pendek bukan diperuntukkan buat perempuan berjilbab. Pakailah busana yang memang cocok untuk dipadukan dengan jilbab. Desain terbaru saya nggak ada yang pakai manset tapi dilengkapi dengan lengan lagi sehingga tidak ketat,” tutur Ivan saat berbincang dengan Wolipop di Bunga Rampai, Jakarta Selatan, Rabu (20/5/2015).
  • Ketat
    Ivan mengatakan banyak hijabers yang masih kurang peduli akan penampilannya dengan menggunakan padu-padan busana ketat yang mengekspos lekuk tubuh. Menurut pria kelahiran 31 Desember 1981 itu busana ketat sebaiknya tidak diterapkan oleh wanita yang sudah berhijab.
    “Ada yang suka pakai ketat-ketat, ada yang senang tampil syar’i sampai ketutup banget. Wanita berhijab itu setidaknya harus menutup lekuk tubuhnya. Ngapain pakai hijab kalau tetap berbusana ketat,” tukas Ivan.
  • Atasan Pendek
    Atasan pendek juga dinilai Ivan menjadi hal yang seharusnya dihindari oleh para hijabers. Menurutnya blouse dan kemeja pendek bisa mengekspos kulit bagian pinggang atau perut tanpa sadar ketika sedang bangun dari duduk. Tidak hanya itu, atasan berpotongan pendek juga kurang menutupi lekuk bokong atau pinggul besar. Ivan menyarankan, wanita berhijab mengenakan atasan dengan panjang hingga menutup bagian bokong.
  • Tidak Sesuai dengan Bentuk Tubuh
    Satu hal lagi yang masih sering dilakukan hijabers yaitu memilih busana tidak sesuai dengan bentuk tubuh. Sebenarnya hal ini tidak hanya untuk wanita berhijab, wanita lainnya pun masih sering salah memilih busana. Ivan mengatakan, beberapa wanita tidak bisa mengukur tubuhnya sendiri jadi terkadang tampak terlihat semakin gemuk atau ‘tenggelam’. Hal tersebut disebabkan oleh pilihan potongan busana yang tidak sesuai.
    “Kalau badannya gemuk hindari baju yang banyak layer (tumpuk) jadi nggak kelihatan semakin gemuk dan terlihat lebih ringkas. Pilih yang model lengannya puffy (menggembung) untuk mengelabui tangan yang besar. Kalau yang tubuhnya pendek jangan pakai busana tanggung lebih dari lutut bisa kelihatan semakin pendek,” urai Ivan.

sumber : wolipop.detik.com

Arwa