mutif107Mencuci baju memang kelihatannya pekerjaan sederhana ya Moms? Tetapi kalau Anda asal mencuci saja tanpa memperhatikan cara dan detail detailnya, bisa-bisa baju Anda akan cepat rusak sebelum waktunya. Yuk kenali cara mencuci baju yang tepat berdasarkan jenis kainnya!

Cotton/Katun

Bahan cotton termasuk bahan yang kuat, jadi Anda diperbolehkan mencuci baju yang terbuat dari cotton menggunakan mesin cuci dan menambahkan pemutih sesuai kebutuhan. Untuk hasil yang terbaik, Anda bisa menggunakan air hangat dan pada saat pengeringan di mesin cuci, gunakan pengaturan yang paling rendah. Bahan cotton mudah sekali kusut tetapi akan tetap kuat ketika disetrika dengan panas tinggi.

Linen

Baju berbahan Linen akan lebih baik dicuci dengan tangan, jika Anda memilih untuk mencuci dengan mesin, gunakan pengaturan gentle wash cycle. Gunakan sabun cuci yang ringan untuk menyuci baju berbahan Linen. Bahan Linen sebaiknya jangan dikeringkan dengan mesin cuci karena akan membuat baju tersebut kusut dan jika terlalu sering akan rusak. Lebih baik jemur secara manual dan ketika menyetrika gunakan tingkat kepanasan yang rendah.

Rayon

Bahan Rayon adalah bahan yang lembut dan ringan tetapi juga mudah sekali kusut. Rayon lebih baik dicuci dengan tangan menggunakan air dingin. Keringkan secara manual dengan dijemur, dan Anda tidak perlu memerasnya agar baju tidak berubah bentuk. Disarankan untuk menggunakan tingkat kepanasan yang rendah ketika Anda menyetrikanya.

Silk/Sutra

Dry cleaning bisa jadi pilihan Anda untuk menyuci baju dengan bahan silk atau sutera. Tetapi mencucinya dengan tangan akan lebih baik. Kain jenis sutera tahan terhadap suhu, jadi Anda boleh menggunakan air hangat maupun dingin.

Untuk  mengeringkannya, lipat baju sutera Anda dengan handuk kemudian tekan berulang kali hingga air keluar.  Mempertahankan warna sutera Anda bisa dengan menambahkan tiga sendok makan cuka putih dan campur ke 2 liter air pencucian Anda.

Setelah tahu caranya, ternyata mencuci baju tidak bisa asal asalan ya Moms? Mulai sekarang tidak ada cerita baju rusak gara gara salah cara pencucian. Selamat mencoba!

sumber : molto.co.id

Arwa