mr-md02a

Prinsip Berhijab yang Baik yang Jarang Dimengerti WanitaBerhijab adalah pilihan berpakaian yang benar bagi seorang muslimah. Muslimah yang ingin menggapai keridhoan Allah SWT, tentunya harus mempelajari cara berhijab yang baik dan benar menurut agama Islam, sehingga berhijab tidak sekadar fashion belaka serta bisa digunakan dengan hati yang ikhlas oleh para pemakainya.

Saat ini, ada saja wanita muslim yang masih enggan berhijab, atau jika mau dengan hati yang terpaksa sehingga saat mengenakan hijab mereka cenderung asal-asalan dan tidak mengikuti kaidah yang benar. Ada pula yang masih buka tutup hijab, ketika di dunia nyata berhijab namun di foto profil media sosial malah mempertontonkan rambut indahnya. Hal ini dilarang oleh agama, karena terkesan mempermainkan perintah Allah seenaknya dan tidak mau konsisten dalam melaksanakan kewajibannya.

Muslimah sejati, akan terus belajar untuk memperbaiki diri sehingga bisa tampil cantik bukan hanya dihadapan manusia, namun juga cantik di hadapan Allah Swt. Muslimah sejati akan mencari cara supaya kecantikannya tidak menjadi sumber fitnah bagi dirinya, sebisa mungkin ia akan melindunginya dari segala fitnah.

Berhijab Merupakan Perintah Langsung dari Allah Swt

Ya, sama seperti sholat, zakat, haji, dan ibadah lainnya, hijab juga diperitahkan langsung oleh Allah Swt dalam kitab suci Al Qur’an. Hijab diperintahkan kepada wanita muslim dengan tujuan untuk melindungi wanita muslim agar terhindar dari fitnah dan pandangan nakal lelaki yang bukan mahramnya. Allah Swt menyayangi wanita dengan cara melindunginya menggunakan hijab. So, kamu yang sayang pada tubuhmu sendiri tentunya akan melindunginya dari tatapan para lelaki, kan?

Hijab Itu Bukan Pintu Kulkas, yang Bisa Dibuka Tutup Sembarangan

Yups, benar sekali, Ladies. Seperti yang sudah Shopious singgung di atas bahwa ada wanita yang kesehariannya menggunakan hijab namun dengan pedenya melepas hijab, kemudian berfoto selfie dan mengunggahnya ke media sosial tanpa rasa malu dan canggung. Padahal, sama saja, kecantikan yang dipertontonkan di media sosial itu akan mengundang fitnah bagi si wanita. So, tahanlah keinginanmu untuk menunjukkan kecantikan di media sosial tanpa menggunakan hijab. Unggahlah foto diri yang sewajarnya, tentunya tetap berhijab.

Dimanapun Tempatnya, Hijab Wajib Dipakai Bila Ada Lelaki Non Mahram

Nah, prinsip yang ketiga ini juga penting. Di rumah sekalipun, jika ada lelaki non mahram yang datang ke rumah, kamu tetap wajib berhijab lho, Say! Jangan pernah membuka hijab bila ada lelaki non mahram, karena hal itu tidak diperkenankan dalam agama. Termasuk tadi, mengungah foto diri yang tak berhijab, sebaiknya tidak kamu lakukan untuk menghindari fitnah.

Ingat, Hijab itu Bukan Fashion Semata. Justru Ia Adalah Pelindung Perhiasan

Hijab berfungsi untuk melindungi perhiasan wanita. Makasudnya, seluruh tubuh wanita dianggap sebagai perhiasan yang indah yang mana jika diberi perhiasan luar akan jauh lebih indah. Oleh karena itu, berhijablah yang sewajarnya. Bukan hanya menuruti fashion semata. Jika kamu memakai perhiasan yang berlebihan saat berhijab, berarti kamu tidak memfungsikan hijab sebagai pelindung aurat dan perhiasan. Justru akan menimbulkan fitnah yang tidak baik bagi dirimu.

Modis Boleh, Syari Harus

Lantas, apakah muslimah berhijab tidak boleh modis? Boleh saja. Namun, tetap mengedepankan syariat. Behijab syari tidak berarti kucel lho, Ladies. Kamu harus tetap rapi dan sedap dipandang mata, namun tidak berlebihan dan tidak melanggar syariat. Kamu boleh saja tampil modis, sesuai deangan style kamu. Namun, jangan menggunakan hijab yang tidak sesuai dengan syariat ya.

Latihan Berhijab Sejak Dini, Why Not?

Untuk berhijab dengan baik saat dewasa, perlu pembiasaan sejak kecil. Walau belum baligh, berhijab sejak dini membuat kita merasa ringan dan ikhlas berhijab ketika dewasa. Oleh karena itu, ketika remaja bisakan berhijab walaupun banyak tantangan yang menyertainya. Contihnya Shirin Al Athrus yang terbiasa berhijab sejak usia muda.

Kesederhanaan Adalah Kecantikan Alami yang Tak Kalian Sadari

Makin sederhana hijabnya, makin terpancar kecantikan alamimu. Kamu mungkin berfikir jika berhijab modis dengan tambahan aksesoris ini itu akan membuatmu lebih cantik. Namun, tahukah kamu? Hijab dengan aksesoris yang berlebihan justru akan memudarkan pesona alamimu sebagai wanita muslimah. Hal itu juga akan menurunkan respect orang lain yang melihat penampilanmu.

Mempercantik Hijab Boleh Saja, Namun Mempercantik Hati Lebih Istimewa

Mempercantik hati dengan ibadah dan amal soleh akan memancarkan inner beauty-mu. Sibukkanlah dirimu dengan ibadah kepada Allah Swt, serta mengasah akhlak terpuji supaya kecantikan fisikmu seimbang dengan kecantikan hatimu. Bahkan, walaupun kamu tidak terlalu cantik, kamu bisa tampil memukau dengan kecantikan hatimu. So, jika kamu berniat untuk mempercantik hijambu, maka selalu ingat untuk mempercantik hatimu terlebih dahulu.

Berbagilah. Jangan Tergiur Mengoleksi Hijab Fashion!

Saat memiliki rezeki lebih, kamu mungkin bisa mengupdate koleksi hijabmu kapanpun kamu mau. Shopping ini itu, hingga mengikuti tren hijab terkini. Namun, alangkah lebih baik jika kamu memanfaatkan kelonggaran rezekimu untuk berbagi dengan muslimah lain yang membutuhkan. Pikirkanlah, setiap hijab yang kamu sumbangkan untuk orang lain akan bernilai pahala selama orang yang kamu beri tetap memakainya. Sedangkan jika kamu menumpuk koleksi hijabmu di lemari, maka ia akan menjadi mubazir karena kamu tidak mungkin akan memakainya semua bersamaan.

Pilih Bahan, Model dan Harga yang Terbaik

Bijaklah saat membeli hijab. Pilih bahan yang baik, tidak menerawang dan awet, dengan model yang wajar dan long lasting agar bisa digunakan kapanmun tanpa takut tergilas zaman. Satu lagi, selalu pertimbangkan harga terbaik saat membeli hijab. Hijab yang baik tidak harus mahal kan? Pilih yang sesuai antara barang dan harganya.

Bila Sudah Berhijab yang Baik, Teruslah Memperbaiki Diri

Seringkali, seseorang yang sudah berhijab dengan baik timbul rasa ujub (bangga hati) dan sombong dalam dirinya. Sombong, karena merasa diri lebih baik dari wanita lain yang belum berhijab, atau berhijab masih serampangan. Kita tidak boleh membiarkan penyakit hati tersebut bercokol dalam diri kita, karena ia akan memakan amal bail laksana api yang membakar kayu. Berusahalah untuk tetap santun, rendah hati dan menjaga sikap saat menghadapi orang lain yang barangkali tidak sebaik kita. Jauhilah kesombongan karena itu sangat tidak terpuji.

Nah, itulah 11 prinsip berhijab yang baik untuk kamu pahami dan praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Milikilah hati yang bersih sehingga mampu memahami ilmu agama dengan baik, sehingga apapun yang kamu kerjakan di dunia ini akan bernilai pahala di sisi Allah Swt. Selamat berhijab ya, Ladies!

sumber : http://blog.shopious.com

Firda

Advertisements