rh-shafwa-mintJilbab yang kusut bisa mempengaruhi penampilan terutama bila akan dipakai ke kantor selama seharian. Kerudung ibarat rambut yang perlu ditata, jika berantakan tentu bisa membuat Anda kurang percaya diri. Oleh karena itu, penting memperhatikan peletakkan scarf atau kerudung agar Anda tidak repot untuk menyetrika setiap akan dipakai. Berikut tips supaya kerudung tidak mudah kusut.

Pemilihan bahan jilbab
Bila Anda sedang terburu-buru dan merasa kerepotan kalau harus menyetrika kerudung lebih dulu sebelum berangkat ke kantor, sebaiknya pilih material yang tak mudah lecak. Bahan yang tak mudah kusut seperti jersey, lycra, nylon, atau polyester.  Sebaiknya bahan yang digunakan juga tidak terlalu tebal atau mudah kusut. Bila cuaca cukup panas tapi harus datang ke acara formal bisa menggunakan bahan jenis thai silk atau chiffon crepe.

Gunakan hanger khusus jilbab
Letakkan di atas hanger setelah dipakai. Ada hanger atau gantungan yang khusus untuk meletakkan jilbab. Sebelum digantung di atas hanger sebaiknya lipat terlebih dahulu supaya lebih rapi. Ini memudahkan Anda ketika sedang terburu-buru sebelum berangkat kerja ataupun beraktivitas. Anda tidak perlu lagi menyetrikanya walaupun kemarin sudah dipakai seharian.

Simpanlah hijab dalam box atau tempat khusus
Sediakan satu laci atau rak khusus di lemari untuk meletakkan jilbab. Sebaiknya jangan dicampur dengan ciput atau dalaman seperti manset yang bisa membuat kerudung mudah berantakan. Pastikan kerudung tidak ditumpuk-tumpuk dengan paksa supaya tidak mudah lecak.

Setrika menggunakan alas, lapisi kerudung dengan koran
Setrikalah hijab anda dengan mengunakan alas dan keruudung dapat dilapisi kain atau koran  untuk menghilangkan garis kusut pada kerudung. Uap dari setrika membuat bahan tetap lembut dan menghilangkan garis-garis yang dapat membuat penampilan berantakan.

Letakkan Jilbab pada hanger  menggunakan penjepit pakaian
Jika kerudung kebanyakan dan bingung meletakkannya bisa memanfaatkan penjepit baju agar kerudung tidak mudah kusut. Bentangkan jilbab di atas penggantung baju kemudian jepit di kedua ujungnya. Ini membuat kerudung tetap rapi walaupun sudah dipakai setiap hari.

Sumber :anitascarf.com
Laras