rh-rs-unguSetelah membaca judul diatas, mungkin anda bertanya-tanya, apakah memakai jilbab itu kurang sehat? Seperti halnya makanan. Makanan halal & thoyib itu sehat. Tapi kalau cara makan kita sambil berdiri, berlebihan hingga terlalu kenyang, & tidak mengucap bismillah terlebih dahulu, tentu akan mengurangi keberkahannya. Begitu pula dengan jilbab. Kita perlu tahu tata cara pemakaiannya agar sesuai syari’ah & memberi dampak bagus terhadap kesehatan tubuh kita. Sebelum mulai memakai jilbab, pertama-tama ucapkanlah bismillah dan niatkan dalam hati kalau kita memakai jilbab adalah karena Alloh SWT. Berikut ini kami sajikan tips-tips penting agar pakaian yang kita kenakan tidak sekedar nyaman, namun juga sehat:

  1. Jika Anda mempunyai rambut panjang, usahakan untuk tidak mengikatnya terlalu kencang. Potonglah rambut secara teratur agar tidak kesempitan di dalam kerudung.
  2. Pilihlah bahan kerudung yang lembut & nyaman, terutama di musim panas. Kerudung berbahan katun atau kaos sangat cocok dipakai saat musim panas karena dapat menyerap keringat & memberi sirkulasi udara dari sela-sela bahannya.
  3. Setelah mandi, pastikan rambut sudah kering sebelum memakai kerudung. Untuk mengeringkan rambut, pijatlah dengan handuk secara perlahan. Anda juga bisa menggunakan kipas angin untuk membantu mempercepat pengeringan.
  4. Hindari pakaian ketat. Karena disamping tidak sesuai syariah, pakaian ketat dapat menyebabkan jamur, gangguan kesuburan, dan penyakit lainnya.
  5. Hindari pakaian yang tipis & tembus pandang. Pakaian yang tipis biasanya rawan robek & masih mudah ditembus oleh sinar ultraviolet. Seperti yang kita ketahui, sinar uv di siang hari sangatlah berbahaya bagi kesehatan kulit.
  6. Hindari parfum beralkohol karena dapat merusak pakaian terutama pakaian berbahan sutra.
  7. Hindari sepatu ber-hak tinggi. Sepatu ber-hak tinggi tidak bagus untuk kesehatan tumit Anda. Pilihlah sepatu yang nyaman & pas di kaki Anda. Sepatu yang terlalu sempit dapat menyebabkan kulit berjamur & jempol kaki iritasi.
  8. Pastikan pakaian Anda sesuai dengan tujuan Anda pergi. Ada berbagai macam model kerudung atau busana muslimah beserta variasi warnanya. Jika Anda hendak pergi ke kantor, pakailah jilbab bergaya formal dengan warna elegant. Jika Anda hendak ke sekolah, sesuaikan warna jilbab dengan seragam sekolah. Jika Anda hendak ke pasar, pilihlah model jilbab sederhana. Jika Anda hendak jalan-jalan, Anda bisa berkreasi sesuka Anda dalam mengenakan jilbab, asalkan masih sesuai syari’ah.
  9. Usahakan agar jilbab Anda tidak menggangu Anda, baik secara intensitas waktu pemakaian ataupun pola aktivitas. Jika Anda seorang yang sibuk, pilihlah jilbab instan yang bisa langsung dipakai atau pakailah model kerudung yang sederhana.

Sumber :anitascarf.com

Laras