m3287

Ada begitu banyak pilihan jenis bahan untuk pakaian. Berbeda jenis berbeda pula kualitas dan juga karakteristiknya. Salah satu bahan pakaian adalah spandex yang banyak digemari para konsumen. Bahannya yang dingin membuat kain ini menjadi favorit. Selain itu kain ini juga sangat baik dalam menyerap keringat. Satu hal lagi yang membuat pakaian dengan bahan ini dijadikan sebagai pilihan adalah kefleksibelannya jika dipakai. Apakah anda salah salah satu penggemar dari pakaian yang berbahan spandex ? Kalau memang benar, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam merawat baju spandex agar tetap awet. Tahukah anda, ternyata perawatan pakaian dengan bahan spandex ada cara tersendiri agar awet. Jika salah merawatnya, bisa – bisa baju akan mudah melar dan tidak lagi bisa dipakai karena menjadi begitu melebar.

Merawat baju dengan benar berarti membuat mereka tahan lama untuk digunakan. Jangan sampai sering cepat ganti pakaian hanya karena salah merawat pakaian. Dengan merawat pakaian dengan benar, berarti anda menghemat, karena anda tidak harus cepat – cepat membeli yang baru lagi. Begitu juga dengan baju yang terbuat dari bahan spandex. Meskipun perawatannya beda dengan baju lainnya, pastikan untuk membuatnya awet.

Perlakuan untuk merawat baju dengan bahan dasar spandex memang terbilang agak istimewa. Mencucinya harus secara manual dan menghindari pencucian dengan mesin cuci. Pisahkan baju spandex dengan baju –baju yang lain. Setelah itu rendam baju dengan detergent secukupnya kira – kira 20 menit saja. Kucek baju seperlunya dan jangan disikat terlalu kuat atau kasar ya, karena dapat merusak serat baju.

Setelah selesai mencuci bilas dengan air dingin biasa. Jangan memerasnya terlalu kuat, peras saja dengan ringan. Karena memeras baju spandex dengan kuat hanya akan membuat kain cepat molor, alhasil baju akan cepat tidak terpakai.

Untuk penjemurannya, usahakan menghindari penjemuran dibawah matahari langsung. Jemur di tempat yang teduh, ini bertujuan untuk membuat warna agar tidak cepat memudar. Selain itu juga jangan menggantungnya pada hanger. Jika dihanger, baju akan menahan beban air sehingga membuatnya lebih mudah melar. Jemur saja pada penjemuran biasa dengan cara membentangnya dijemuran. Ini malah akan mempertahankan elastisitas pada baju.

Untuk selanjutnya jika sudah kering waktunya untuk menyetrikanya agar baju menjadi rapi. Dalam menyetrikanya anda juga harus berhati – hati. Hindari suhu tinggi, pilih saja suhu yang sedang. Dengan suhu yang sedang akan membuat pakaian tidak mudah melar dan juga tidak akan memudarkan warna pakaian. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa menyemprotkan penghalus dan pewangi pada pakaian agar mudah menyetrikanya dan juga berbau harum.

Jika belum akan digunakan, simpan pakaian pada lemari dengan cara dilempit ya, jangan sampai dihanger juga. Simpan dilemari yang terhindar dari jamur dan ngengat, untuk itu pastikan memberi lemari dengan anti jamur dan anti ngengat. Dengan demikian baju spandex anda sudah siap dipakai setiap saat dan sudah wangi. Tentunya ini akan menambah rasa percaya diri dan juga semangat anda.

Begitulah perlakuan yang harus dilakukan untuk baju spandex kesayangan anda. Dengan cara – cara seperti yang dijelaskan diatas, akan membantu baju spandex anda awet dan tahan lama. Karena sudah tahu kiat – kiatnya, jangan sampai membiarkan baju spandex menjadi cepat melar dan juga cepat kehilangan warnanya sehingga cepat pula membuatnya pensiun dari lemari anda. Tentunya anda tidak ingin itu terjadi bukan ? Pastikan baju spandex kesayangan anda tetap menemani hari – hari anda dengan cara merawatnya dengan benar.

Sumber http://blog.shopious.com

Firda