1-3

Buat anda para wanita yang menggunakan hijab pasti sudah tidak asing ataupun sudah mengenal dengan berbagai jenis busana muslim yang ada di pasaran, seperti gamis, kaftan dan abaya. Tapi apakah anda sudah mengenal tunik? Mungkin saat ini orang lebih mengenal gamis daripada tunik. Tunik adalah baju atau pakaian dengan ukuran longgar sehingga masing-masing size ukurannya akan lebih besar dibandingkan dengan model yang biasa. Tunik merupakan baju dengan model yang menutupi sebagian besar bagian badan seperti punggung, dada dan bahu. Tetapi ada juga tunik dengan model tanpa lengan. Tunik ini selain longgar juga kebanyakan dibuat lebih panjang sampai paha bahkan sampai lutut. Dulunya tunik adalah pakaian sehari-hari orang Romawi. Kata ‘tunik’ berasal dari kata Latin ‘tunica’. Desain tunik ini sendiri sangat elegan dan biasanya digunakan oleh baik pria dan juga wanita. Kini, pakaian kuno tersebut juga trend di masa sekarang. Jika dulunya tunik identik dengan pakaian yang menggambarkan status seseorang, kini tunik merupakan salah satu pilihan anda untuk pakaian sehari-hari.

Di Indonesia pada masa sekarang ini tunik lebih banyak diproduksi sebagai model baju muslim karena ukurannya yang longgar. Di pasaran banyak sekali berbagai jenis pakaian muslim seperti tunik ini dengan berbagai macam variasi baru yang lebih mengikuti perkembangan zaman. Sehingga kebanyakan tunik bisa dipakai dalam dua suasana baik formal maupun kasual. Jika tunik Romawi berlengan panjang dan panjangnya hingga ke lutut, tunik modern lebih fleksibel. Anda bisa membeli atau membuatnya sesuai dengan selera anda. Selain itu anda juga bisa memilih bahan dasar yang pas dengan bentuk tubuh dan keinginan anda. Tunik modern kini biasanya ada yang berlengan panjang dan juga ada yang pendek. Panjang dari tunik juga sudah bervariasi. Anda bisa membeli tunik panjang hingga semata kaki, atau juga yang model blouse biasa. Namun lewat perkembangan zaman yang semakin pesat, tunik yang biasanya menjadi pakaian untuk hari lebaran saja sekarang sudah tidak lagi.

Ada beberapa macam gaya tunik, seperti tunik bohemian yaitu atasan tunik lengan pendek dengan sedikit sulaman yang bisa bertransisi menjadi gaya bohemian yang santai. Tinggal anda pasangkan dengan rok panjang beraksen ruffles. Kesan santai terwakili lewat pemilihan sepatu sandal berdetail logam dan tas tangan berbahan pandan. Tunik print, tunik berbahan satin ini pas anda pasangkan dengan legging. Untuk menyempurnakan acara non formal anda, tambahkan wedges shoes dan aksesories berupa gelang anting. Lupakan sejenak kalung, karena sudah diwakili oleh permainan motif yang ramai. Tunik payet, tunik berwarna gold dengan aksen payet ini memberi kesan kedewasaan. Karena itu, pasangkan dengan celana pipa berbahan cotton. Agar makin gaya, tambahkan selendang tipis berwarna senada.

Kini anda pun bisa memakai tunik sebagai pilihan berbusana untuk ke kantor. Namun ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan untuk memilih tunik sebagai busana kerja. Agar tunik anda tetap menawan dan nyaman dikenakan.

Bahan

Pemilihan bahan tunik ke kantor bisa anda sesuaikan dengan aktivitas dan jadwal kegiatan anda. Jika dalam sehari anda terus menerus berada di ruang berpendingin udara, anda bisa memilih bahan kain yang tidak terlalu tipis seperti sifon atau hycon. Pilihan bahan spandex, jersey maupun katun bisa membuat anda tetap nyaman di dalam ruangan. Memilih bahan denim bisa jadi kurang tepat karena selain memberi kesan kurang formal juga bisa menyulitkan mobilitas anda karena jenis kain ini terkesan berat.

Padu padan busana

Jika anda mengenakan tunik sampai di bawah lutut, pastikan jangan mengenakan rok yang terlalu lebar. Karena akan memberi kesan terlalu penuh. Kenakan celana panjang yang tidak terlalu ketat untuk tunik dengan panjang di bawah lutut.

Aksesories

Untuk memberi kesan ramping saat mengenakan tunik, anda bisa menambahkan ikat pinggang kecil sebagai aksesories. Bahannya bisa anda sesuaikan sesuai motif dan desain tunik. Ikat pinggang berbahan natural seperti kayu cocok dikenakan pada tunik dengan warna natural seperti cokelat, krem maupun putih.

Sumber : http://blog.shopious.com

Firda