rh-rs-royalblueSebagai seorang muslimah yang modis tentu anda sangat senang untuk mengkreasikan iberbagai style hjab. Sehingga besar kemungkinan anda memiliki koleksi pashmina sebagai salah satu fashion item. Model hijab yang panjang dan juga lebar ini memang sedang menjadi favorit tersendiri de kalangan muslimah Indonesia. Berbagai macam kreasi model simpel hingga begitu rumit bisa didapatkan dengan menggunakan pashmina. Tetapi yang perlu anda catat adalah pentingnya mengetahui cara yang tepat untuk merawat koleksi pashmina kesayangan anda, tentu saja agar tidak mudah rusak dan lusuh. Berikut beberapa tips perawatan pashmina yang harus anda simak:

Mencuci

Pada umumnya jenis pashmina chiffon, double chiffon dan rajut adalah yang banyak dimiliki oleh muslimah Indonesia, mungkin anda adalah salah satunya. Ketiga bahan tersebut merupakan bahan dengan karakter yang cenderung lebih tipis. Oleh karena itu anda harus mencucinya dengan cara hand wash, maksudnya adalah mencuci dengan tangan tanpa disikat. Cukup kucek pashmina kemudian bilas lalu keringkan.

Peras dengan lembut

Hal terpenting yang harus diperhatikan setelah mencuci pashmina adalah jangan peras terlalu keras ketika anda ingin menjemur nya. Memeras terlalu keras hanya akan membuat serat pada kain menjadi cepat rusak. Ketika menjemur juga sebaiknya hindari sinar matahari langsung, karena paparan dari sinar matahari akan membuat warna dari pashmina menjadi mudah pudar. Cukup digantung dan angin-anginkan saja di teras atau ditempat yang mudah dijangkau angin.

Setrika

Pashmina yang tidak terlalu kusut sebaiknya tidak perlu disetrika. Cukup lipat dengan rapi lalu simpan. Namun jika pashmina anda dalam keadaan kusut setelah dicuci dan dikeringkan, sebaiknya setrika dengan menggunakan suhu renda. Jangan lupa untuk menggunakan pelapis diatas pashmina, misalnya kain lain seperti sapu tangan atau bisa juga menggunakan kertas. Gosok merata permukaan pashmina dengan perlahan hingga halus.

Simpan

Untuk menyimpan pashmina yang paling tepat sebenarnya adalah dengan dilipat rapi dan bukan dengan digantung. Terutama pashmina rajut, jika digantung maka kain akan menjadi mudah rusak dan melar. Jangan lupa untuk menaruh beberapa butir kamper dengan aroma lembut di dalam lemari atau sebuah kotak khusus untuk menghindari serangan ngengat dan jamur. Bersihkan lemari atau kotak khusus anda secara rutin setiap 3 hingga 4 bulan sekali. Hal tersebut agar lemari atau kotak tempat anda menyimpan tidak mudah lembab dan membuat pashmina bau serta mudah rusak.

Sumber :shopious.com

Laras