d-jd9

Pernahkah kamu melihat baju berwarna putih tiba-tiba menjadi merah mudah saat keluar dari mesin cuci? Semua orang pasti pernah melakukan kecerobohan seperti ini saat mencuci. Namun apa jadinya jika baju kesayanganmu yang menjadi korbannya? Kamu pasti panik bukan? Tenang, Noda luntur ini bisa disingkirkan kok. Caranya? Simak yuk langkah-langkah membersihkannya berikut ini!

Pisahkan pakaian

Pisahkan pakaian yang terkena lunturan dan yang tidak. Terkadang, lunturannya tidak begitu terlihat, jadi gunakan pakaian yang benar-benar putih sebagai pembanding.Cuci tersendiri pakaian yang berwarna-warni dengan tangan, atau menggunakan mesin cuci, tanpa pemutih.

Untuk pakaian berwarna putih, lakukan langkah berikut:

Isi mesin cuci dengan air panas dengan jumlah yang sesuai dengan pakaian yang harus dicuci – terlalu banyak lebih baik dari pada kurang. Tambahkan pemutih pakaian. Satu tutup botol pemutih pakaian biasa sudah cukup untuk pakaian yang sedikit atau agak banyak. Tambahkan bila perlu, tetapi perlu diingat bahwa pemutih pakaian adalah bahan yang bersifat keras, dan juga berbau.

Jangan gunakan pemutih pakaian pada pakaian yang tidak benar-benar putih, karena ia akan menghilangkan semua warna – tidak hanya warna lunturan saja, tetapi juga warna pakaiannya. Untuk pakaian berwarna, gunakan pencerah warna pakaian. Masukkan pakaian yang akan dicuci. Jalankan mesin cuci dengan setelan cucian tertinggi dan dengan siklus penuh agar sisa pemutih pakaian dapat terbilas.

Periksa lagi warna pakaian

Jika lunturan warna belum juga hilang pada beberapa pakaian, cuci kembali pakaian-pakaian itu dengan mengulangi langkah-langkah di atas.

Cara mengeringkan

Keringkan seperti biasa. Jangan masukkan terlebih dahulu ke dalam pengering yang panas kecuali lunturannya telah benar-benar hilang. Mengeringkannya dengan mesin pengering yang panas akan membuat warna menjadi tetap. Warna yang belum menetap masih dapat pudar setelah beberapa kali dicuci.

Jika hasilnya tidak sesuai harapan, alih-alih membuang pakaian yang terkena lunturan, kamu dapat membuatnya menjadi baru dengan mencelupnya kembali dalam pewarna pakaian.

Sumber

Molto

By

Devi