q-ma02-ma03Pakaian yang tidak dirawat dengan tepat seringkali menyebabkan tumbuhnya bintik-bintik hitam (jamur). Biasanya terjadi pada pakaian yang terkena keringat tapi tidak diangin-anginkan atau tidak langsung dicuci, pakaian yang telah lama menumpuk di lemari pakaian yang lembab, pakaian yang lama menumpuk di keranjang pakaian kotor, atau terkena air hujan yang terus-terusan lembap tidak kering-kering.

Awalnya mungkin hanya terlihat bercak hitam sedikit, namun jika dibiarkan akan tumbuh semakin banyak dan semakin kelihatan. Untuk pakaian-pakaian berwarna gelap bintik-bintik hitam ini tidak akan terlihat, tapi untuk pakaian berwarna terang, akan sangat terlihat. Sehingga pakaian terlihat kotor. Nah, sebelum bintik-bintik hitam jamur pada serat pakaian menyebar banyak sebaiknya dihilangkan atau dibersihkan segera. Berikut Sharing di Sini Tipsnya:

Apakah Anda pernah mendengar zat yang sering disebut dengan sitrun. Zat kimia ini biasanya digunakan masyarakat untuk membuat rasa asam pada makanan. Zat kimia ini sebenarnya adalah citrit acid.

Selain sebagai pembuat rasa asam makanan, citric acid sebenarnya bisa juga untuk membersihkan noda-boda yang membandel, termasuk juga pada pakaian. Dengan citric acid ini pakaian yang berjamur dapat dihilangkan, serta dapat pula membuatnya lebih cerah.

Bahan ini bisa diperoleh di toko-toko bahan makanan dengan harga sekiar Rp.1000 per bungkus. Dengan satu bungkus cukup untuk membersihkan beberapa baju berjamur. Cukup murah kan..

Nah, berikut Sharing di Sini Cara pemakaiannya :

  • Siapkan air mendidih dalam ember secukupnya (kurang lebih pakaian yang akan dibersihkan terendam seluruhnya).
  • Masukan cirtit acid / asam sitrat (sitrun) secukupnya, ke dalam ember yang ebrisi air mendidih ( 1 baju sekitar 2 sendok makan).
  • Lalu aduk sampai larut semuanya dalam air panas.
  • Masukan pakaian berjamur ke dalam larutan tersebut, rendam beberapa saat (sekitar 10 menit).
  • Kemudian setelah agak dingin baju dikucek secara keseluruhan.
  • Setelah noda jamur mulai meluntur/hilang, pakaian langsung dibilas dengan air bersih beberapa kali.
  • Lihat hasilnya.

Cara ini telah terbukti membersihkan bintik-bintik hitam (jamur) dan membuatnya terlihat bersih seperti baru.

Selain pembersih pakaian, sitrun bisa juga digunakan untuk membersihkan kotoran pada barang-barang perabotan yang terbuat dari plastik. Sifat asam kuat pada citric acid ini sangat ampuh untuk membersihkan noda yang bersifat basa. Sehingga noda-noda basa dapat dihilangkan.

sumber : sharingdisini.com

Arwa