nb48-nsk14

Pakaian dengan warna tertentu masih terlihat bagus saat warnanya memudar. Namun tidak demikian dengan pakaian hitam. Diakui atau tidak, pakaian hitam yang luntur adalah efek samping mencuci yang cukup menjengkelkan. Tapi bukan berarti hal tersebut tidak bisa dihindari. Beberapa trik dasar dalam mencuci bisa mencegah pakaian hitam kesayanganmu memudar,

Tertarik? Simak yuk cara mencucinya berikut ini!

Jangan terlalu sering mencuci pakaian hitam

Untuk mengurangi efek luntur, pakaian hitam sebaiknya tidak terlalu sering dicuci. Sweater hitam yang digunakan untuk melapis pakaian yang lain bisa digunakan empat sampai lima kali sebelum akhirnya perlu dicuci, apalagi kalau pakaian tersebut hanya digunakan di dalam ruangan. Selain itu, jika kamu hanya menggunakan pakaian hanya selama beberapa jam dalam sehari, kamu mungkin bisa menggunakannya berkali-kali tanpa harus mencucinya terlebih dahulu.

Cuci dengan pakaian yang warnanya sama

Jika memungkinkan, cuci pakaian hitam hanya dengan pakaian hitam atau warna gelap yang lain. Warna pada pakaian cenderung luntur ketika dicuci. Tapi jika tidak ada kain berwarna terang yang menyerap warna gelap tersebut, warnanya akan diserap kembali oleh pakaian hitam.

Balik pakaian

Ketika dicuci, permukaan kain akan bersentuhan langsung dengan air yang akan mengikis warna pada pakaian. Akibatnya, warna pakaian yang luntur lebih dulu adalah warna pada sisi yang menghadap ke luar ketika dicuci. Solusi dari ini tentu saja membalik pakaian sebelum mulai mencucinya.

Tutup ritsleting

Kamu bisa lebih mengurangi efek gesekan dan abrasi pada pakaian dengan menutup ritsleting dan mengencangkan pengait yang ada pada pakaian.

Gunakan air dingin

Air hangat membuat warna pada pakaian lepas dari serat pakaian dan mengakibatkan pakaian luntur lebih cepat. Cuci pakaian dengan air dingin karena air dingin bisa membuat warna pakaian tahan lebih lama.

Gunakan proses mencuci paling singkat

Semakin singkat waktu mencuci pakaian, semakin kecil risiko warna pada pakaian luntur. Jika perlu, gunakan proses yang halus dan singkat.

Gunakan deterjen khusus

Belakangan ini, sudah mulai banyak deterjen khusus yang dibuat untuk pakaian berwarna gelap. Deterjen ini bisa membantu mempertahankan warna pakaian ketika dicuci, sehingga warnanya tidak akan luntur dan lebih tahan lama.

Lewatkan proses pengeringan

Panas akan membuat pakaian hitam cepat luntur. Pakaian hitam sebaiknya digantung agar kering. Jangan menggunakan mesin pengering kecuali terpaksa.

Hindari sinar matahari langsung

Ketika menggantung pakaian hitam di luar, pastikan kamu meletakkannya di tempat yang jauh dari sinar matahari. Sinar matahari berperan sebagai pemutih alami yang tentunya membuat pakaian pudar dengan lebih cepat.

Jika semua tips di atas diterapkan, yakinlah baju hitam kesayanganmu akan nampak baru lebih lama.

Sumber

Molto

By Devi

Advertisements