Assalamu’allaikum Wr.Wb

Ladies, musim hujan begini bikin cucian tidak kering. Baju yang tidak kering menimbulkan bau apek yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Kamu nggak mau kan, orang-orang di sekitarmu terganggu penciumannya karena bau apek? saya akan menyajikan tips untuk menghilangkan bau apek pada baju.

Baju yang wangi dan segar akan membuat hari-harimu makin indah dan menyenangkan. Berikut tipsnya.

Segera Cuci Baju yang Kehujananwp-150929

Usahakan untuk segera mencuci baju Anda yang terkena air hujan. Jangan menunda karena akan mengakibatkan bakteri di baju penyebab bau berkembang biak lebih cepat dan susah untuk dihilangkan baunya. Cucilah sesegera mungkin!

Pisahkan Jenis Baju Saat Mencuci

Pisah-pisahkan baju menurut jenisnya. Atasn dengan atasan, bawajan dengan bawahan, hijab dengan hijab. Pisahkan pula menurut tebal tipisnya, agar memudahkan kamu saat pengeringan. Jika ada baju yang sangat kotor (kena lumpur misalnya), cucilah secara terpisah jangan campur dengan yang lainnya. Pisahkan juga menurut warna baju. Jangan mencampur baju yang mudah luntur karena akan merusak baju.

Pilih Detergen yang Bagus

Ada jenis detergen yang mengandung pelindung kesegaran yang dapat melindungi kesegaran baju kamu bahkan dalam cuaca hujan seperti ini. Pilihlah detergen yang bagus agar hasil cucian Anda tidak apek.

Merendam Pakaian

angan merendam baju dalam waktu yang lama. Cukup setengah jam saja, apalagi untuk bahan pakaian yang tidak memerlukan perendaman yang lama. Merendam terlalu lama akan membuat baju menjadi bau dan baunya menempel lebih kuat di baju Anda.

Jangan pula merendam baju dengan suhu air yang melebihi ketentuan dalam label pakaian karena bisa membuat baju Anda melar. Ikutilah petunjuk pencucian baju.

Kecuali untuk baju yang sangat kotor, Anda dapat merendam baju agak lama. Bila perlu pakai detergen cair yang bisa mempercepat pengangkatan kotoran pada pakaian.

Cucilah Sampai Benar-benar Bersih

Jika Anda melakukan pencucian dengan tangan, cucilah baju sampai benar-benar bersih. Kuceklah dengn kecepatan sedang, lalu tingkatkan kecepatan mengucek. Apalagi pada baju yang sangat kotor atau terdapat noda yang membandel, kuceklah hingga tak ada sisa-sisa noda. Sisa noda akan memicu timbulnya bakteri penyebab bau apek pada pakaian.

Apabila Anda mencuci dengan mesin, pilihlah mesin cuci yang bagus dan anti bakteri. Bila perlu, kucek dengan tangan untuk bagian-bagian yang sulit dijangkau.

Bilas dengan Air Bersih

Gunakan air bersih untuk membilas. Siapkan dua ember penuh air untuk membilas pakaian Anda. Pembilasan yang tuntas akan membersihkan sisa sabun dan busa sehingga pakaian tidak apek saat dijemur.

Gunakan Pelembut dan Pewangi Pakaian

Pelembut dan pewangi pakaian di bilasan ketiga membantu cucian Anda bebas bau apek. Sebaiknya, pilih pelembut dan pewangi yang wanginya sesuai dengan detergen yang Anda pakai. Rendam dalam pewangi lalu peras tanpa dibilas.

Cara Menjemur yang Tepat

Bila tidak ada sinar matahari, penjemuran dapat dilakukan di dalam rumah dengan menggunakan bantuan kipas dan lampu. Berikan jarak agar perputaran udara lebih baik dan cucian pun lebih cepat kering.

Beri Pewangi saat Menyetrika

Bila masih ada sisa bau apek, berikan pewangi saat Anda menyetrika baju. Sebainya, setrika baju saat benar-benar kering agar tidak kumal.

Penyimpanan Baju

Berikan pewangi yang digantung di lemari baju. Udara lembab akan menyebabkan baju mudah berbau apek, sehigga mengurangi kesegaran baju. Dengan memberikan pewangi di lemari pakaian Anda, maka baju Anda akan segar lebih lama.

Nah, itu tadi adalah tips untuk menghilangkan bau apek pada baju. Semoga bermanfaat!

sumber : shopious.com

by tika