cl-alexa-mintSebelum mencuci baju, apakah Ibu biasanya merendam pakaian di air bersih terlebih dahulu? Saat merendam pakaian, kadang Ibu menambahkan sedikit deterjen pada rendaman pakaian tersebut, kan? Namun, tahukah Ibu tentang apa yang terjadi saat pakaian direndam dengan air dan sedikit deterjen? Mengapa kita perlu merendam pakaian sebelum dicuci menggunakan tangan?

Perawatan pakaian saat mencuci juga diperlukan untuk menjaga pakaian tersebut tetap awet dan lembut. Akan tetapi, seringkali kita menemukan kendala saat hendak membersihkan noda atau kotoran pada pakaian. Noda tersebut susah hilang meskipun pakaian sudah dikucek berkali-kali. Oleh karenanya, kita perlu merendam pakaian kotor tersebut dengan air bersih dan sedikit deterjen. Pada saat perendaman, deterjen akan menguraikan noda pada serat-serat kain, sehingga Ibu dapat dengan mudah mencuci baju kotor tersebut.

Merendam pakaian sebelum mencuci dengan tangan bertujuan untuk memudahkan Ibu saat proses mencuci. Melalui perendaman tersebut, noda akan lebih cepat dibersihkan dan Ibu tidak perlu menguceknya berkali-kali. Berikut adalah cara mencuci pakaian dengan tangan termasuk dengan proses perendamannya:

  • Siapkan sebuah ember yang sudah diisi dengan air bersih
  • Masukkan satu atau beberapa potong pakaian kotor
  • Tuangkan sedikit deterjenke dalam ember tersebut
  • Aduk pakaian untuk melarutkan deterjen dan diamkan selama kurang lebih 1-2 jam
  • Setelah melalui proses perendaman, kucek pakaian hingga berbusa
  • Bilas pakaian hingga bersoh, atau tambahkan pelembut pakaian jika perlu
  • Jemur pakaian hingga kering

Saat merendam pakaian, sebaiknya Ibu memisahkan pakaian-pakaian sesuai warnanya. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi bila salah satu pakaian luntur saat direndam dan mengotori pakaian lainnya. Jangan lupa untuk selalu lakukan perendaman pakaian sebelum mencuci baju dengan menggunakan tangan ya, Bu!

sumber : rinso.co.id

Arwa