Bagi kebanyakan wanita, shopping merupakan salah satu kegiatan yang paling menyenangkan. Saat melihat sebuah baju cantik dan ternyata cocok di badan, betapa asiknya. Apalagi jika harganya ramah di kantong, langsung saja dibawa ke kasir. Sesampai rumah, tentu tak sabar untuk segera mengenakannya. Tapi eits, tunggu dulu Ladies! Sebelum dipakai, wajib hukumnya bagi baju baru untuk dicuci terlebih dahulu. Sepenting itu kah?

1-7
Banyak yang tidak menyadari, bahwa banyak yang terjadi dalam proses pembuatan baju. Mulai dari proses pewarnaan hingga pengepakan, masing-masing menggunakan bahan kimia di level yang berbeda-beda. Oleh karena itu, baju yang baru saja dibeli sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum dikenakan. Bahkan, seorang pakar dermatologi dari Columbia University, Donald Belsito menyarankan agar baju baru dicuci lebih dari sekali sebelum dipakai.

Pakaian baru bisa saja mengandung banyak kuman dan bakteri. Artinya, jika tidak mencucinya lebih dulu, itu bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Belsito menjelaskan bahwa, zat pewarna dan resin formaldehid yang terdapat dalam pakaian baru dapat memicu iritasi kulit atau reaksi alergi seperti sesak napas pada orang lain. “Saya telah melihat kasus kutu rambut yang mungkin ditularkan dari seseorang ketika mencoba pakaian di dalam toko, dan ada penyakit menular tertentu yang dapat ditularkan melalui pakaian. Dan infeksi lain yang pernah saya lihat akibat pakaian adalah kudis atau kurap,” jelasnya.

Belsito juga memperingatkan untuk berhati-hati karena jamur juga dapat menempel pada pakaian untuk sementara waktu. Jadi, mencuci pakaian baru satu kali sebelum mengenakannya tidak memastikan pakaian akan langsung bersih dan terbebas dari jamur yang menempel. Cucilah dua kali sebelum mengenakannya. “Dalam hal kebersihan, mencuci pakaian baru dua kali adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan,” jelasnya.

Sumber : Molto

Firda