Mukena – mukena utuk orang-orang di Indonesia merupakan busana yg dipakai untuk malaksanakan salat.Oleh karena itu dalam memilih mukena tidak sebatas menawan, cantik, murah, dan modis (ngetop) saja, melainkan juga perlu diperhatikan fungsi utama mukena, aktivitas pemakai, serta jenis bahan yg digunakan.

  • Fungsi utama sebuah mukena adalah utk menutupi aurat ketika solat, artinya dalam pemilihan  warna dan bahan jangan sekali-sekali memilih bahan yg transparan contohnya warna pink muda, putih tipis, dll meskipun model, bahan, dan harganya sesuai. Karena akan membuat fungsi utama mukena menjadi hilang.
  • Aktivitas, apabila aktivitas yg cukup sibuk maka sebaiknya memilih mukena yg ada tas dan tidak terlalu berat (simple dibawa kemana-mana). Mukena yg ringan dan ada tasnya misalnya jenis Abutai, Marshanda, dan Bunga Tabur (Berat +/- 0,5kg)
  • Bahan mukena tergantung dgn kualitas, biasanya bahan yg bagus lebih mahal dibandingkan dengan mukena yg biasa-biasa saja. Namun tentu saja kenyamanan sewaktu memakainya juga berbeda. Ada beberapa jenis bahan mukena di pasaran, diantaranya: Lycra, Abutai, BSW, Polino, Sutra, Katun, Polyster, Parasut, dan lain sebagainya. Utk dewasa sebaiknya menggunakan yg dari katun, lycra, atau sutra. Sedangkan untuk anak-anak cukup menggunakan bahan parasut, polyster, atau BSW, alasannya karena anak-anak masih belajar sholat, dan terkadang belum bisa menjaga barang-barang tersebut. Namun apabila ada dana yg cukup tidak ada salahnya, sekaligus mengajari anak-anak menghargai nilai suatu barang.

Bahan mukena yg bermacam-macam, berikut adalah pilihan berbagai bahan mukena yg bisa Anda pilih sesuai dgn keunggulan yg ditawarkan.

  • Mukena Sutra
  • Mukena Katun
  • Mukena Parasut

mt-tiara150

PERAWATAN MUKENA

Selain masalah pemilihan model, ada hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Hal tersebut adalah masalah perawatan mukena. Dengan perawatan yang baik, selain bisa menjaga kondisi mukena tetap bersih dan terawat, juga akan memperpanjang usia pemakaian mukena, termasuk pada mukena dengan harga murah.

Untuk mekena anak-anak, proses perawatan ini harus lebih diperhatikan. Mengingat, sebagai lazimnya seorang anak kadang tidak memperhatikan atas apa yang mereka lakukan. Sehingga tanpa disadari menyebabkan mukena yang mereka kenakan menjadi kotor dan mudah kusut.

Oleh karenanya, untuk mukena anak harus lebih sering di cuci dan disimpan di tempat yang rapi. Selain agar mencegah noda yang melekat menjadi permanen,juga akan menyebabkan anak-anak akan lebih nyaman saat mengenakan mukena tersebut dan biasakan anak-anak untuk belajar merawat mukena dengan baik sejak kecil.

Sumber :tatuis.com

Laras

Advertisements