cl-alexa-mintTidak semua pakaian bisa dijemur dengan cara yang sama. Ada beberapa pakaian yang bisa dijemur di bawah sinar matahari, ada pula pakaian yang hanya bisa diangin-anginkan tanpa terpapar sinar matahari secara langsung. Wah, ternyata Ibu tidak hanya perlu mengetahui cara mencuci baju yang benar  saja, ya. Kini, Ibu juga harus lebih memperhatikan cara menjemur pakaian sesuai dengan jenis kain pakaian tersebut.

Nah, sudahkah Ibu menggunakan cara menjemur pakaian  yang benar? Berikut adalah panduan untuk menjemur pakaian sesuai dengan jenis kainnya:

  • Rayon Asetat: Jenis kain ini bisa dikeringkan dalam dryer bersuhu rendah. Setelah itu, jemur dengan cara diangin-anginkan. Saat masih lembap, angkat pakaian dari kain asetat ini untuk disetrika.
  • Rajut Akrilit: Jenis kain akrilit biasa digunakan untuk bahan kemeja. Pakaian dari akrilit harus dikeringkan secara tepat. Sebaiknya, baca label pencucian yang tertera pada pakaian. Umumnya, jenis kain ini dijemur dengan cara diangin-anginkan saja.
  • Cashmere: Mewah adalah satu kata untuk menggambarkan jenis kain ini. Pakaian dari bahan cashmere harus dicuci dengan sampo atau deterjen yang ringan. Untuk mengeringkannya, sebaiknya tidak diperas. Cukup letakkan pakaian di atas handuk kering dan jemur tanpa terkena panas atau sinar matahari.
  • Katun: Katun adalah salah satu jenis kain yang sebaiknya tidak dikeringkan dengan dryer agar tidak lecek. Namun, pakaian ini bisa dijemur di tempat yang panas.
  • Linen: Jenis kain ini bisa dicuci dengan dry-cleaning atau tangan. Hindari memasukkan pakaian linen di dalam dryer. Sebaiknya, jemur dengan cara diangin-anginkan saja.
  • Nylon: Pakaian dari nylon cukup kuat dengan suhu panas. Pakaian dari kain nylon bisa dijemur di tempat yang panas, tetapi sebaiknya tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Polyester: Berbeda dengan nylon, kain polyester lebih rentan dengan suhu panas. Oleh karena itu, jemur pakaian polyester dengan diangin-anginkan di tempat yang sejuk.
  • Sutra: Kain sutra tidak bisa dikeringkan di dalam pengering mesin cuci. Sebaiknya, cuci kain sutra dengan cara dry-cleaning.
  • Spandex: Spandex merupakan jenis kain yang cukup kuat dengan suhu panas. Oleh karena itu, kain spandex bisa dijemur di tempat yang panas.
  • Wol: Jenis kain rajut yang satu ini tidak cukup akrab dengan suhu panas. Solusinya, jemur pakaian berbahan wol dengan cara diangin-anginkan saja.

Ternyata tidak hanya cara mencuci baju dengan mesin cuci  saja yang memiliki aturan sesuai dengan jenis kain pakaiannya. Akan tetapi, cara menjemur pakaian pun punya ketentuan sesuai dengan jenis kainnya ya, Bu!

sumber : rinso.co.id

Arwa