iq-g6

1. Simpan dalam keadan bersih
Baju gamis yang telah dipakai, sebaiknya segera dicuci dan disimpan dalam keadaan bersih. Debu, kotoran, percikan air dan sebagainya jika tidak segera dibersihkan dapat menyebabkan tumbuhnya jamur pada gamis Anda dan merusak penampilan serta serat kain.

2. Cuci seperti petunjuk
Pastikan anda mengenali jenis bahan gamis yang anda milikil. Setiap bahan kain memiliki cara pencucian yang berbeda, misal : bahan sutra hanya perlu dicuci dengan sedikit sabun dan dianjurkan untuk menggunakan tangan bukan mesin cuci, begitu pula gamis dengan manik-manik sebaiknya dicuci dengan lembut, sedangkan gamis yang berwarna putih harus dicuci terpisah dengan pakaian berwarna lainnya.

3. Beri pelembut
Pelembut perlu diberikan karena dapat meluruskan serat kain yang kusut akibat proses pencucian dan memudahkan saat anda menyeterika, jika dibutuhkan.

4. Setrika
Tidak semua bahan kain perlu distrika, bahkan harus dihindari. Sekarang ini sudah banyak bahan gamis yang tidak perlu disetrika, seperti jersey dan jenis sifon ceruty.

5. Beri nafas untuk baju
Setelah disetrika, simpanlah baju ditempat yang memiliki pori-pori, seperti lemari kayu. Kalaupun kita mau membungkusnya dengan plastik buatlah lubang agar udara bisa mengalir dengan lancar.

6. Kamper
Kamper sangat efektif untuk menolak adanya ngengat yang bisa merusak pakaian gamis anda.

7. Gantung
Jika anda perlu menyimpan gamis dalam jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya gantungkan dalam suhu ruangan yang tidak lembab. Menggantung pakaian akan lebih aman bagi serat kain dan tidak bertumpuk dan menjadi lembab.

sumber: melekinternet.com

meta