iq-a7c

Memiliki lemari pakaian yang tertata adalah langkah pertama untuk memiliki ruangan yang tertata dan kemudian kehidupan yang tertata. Untuk menata lemari pakaian, Anda harus memilah semua pakaian untuk menentukan mana yang benar-benar dibutuhkan dan mencari cara terbaik untuk menatanya kembali. Jika Anda ingin mengetahui cara menata lemari pakaian, ikutilah langkah-langkah berikut.

1. Keluarkan semua pakaian dari dalam lemari. Tanggalkan semua pakaian dari gantungan baju, wadah penyimpanan, atau laci di lemari. Lipat pakaian dan tumpuk di lantai atau tempat tidur. Keluarkan juga sepatu-sepatu dari dalam lemari.
2. Tentukan pakaian mana saja yang akan disimpan. Pakaian yang akan disimpan adalah yang biasa dipakai sehari-hari dan pakaian yang selalu dicari. Jika Anda memakai pakaian tertentu minggu lalu, bulan lalu, atau bahkan beberapa bulan lalu, sebaiknya pakaian tersebut disimpan baik-baik selama sesuai dengan musimnya. Kumpulkan pakaian yang akan disimpan dan dipakai sehari-hari.
3. Tentukan pakaian yang akan disimpan. Simpan pakaian yang akan jarang dipakai karena tidak sesuai dengan musimnya. Saat menghadapi hari-hari di saat cuaca panas, simpanlah sweater dan syal. Saat musim hujan, simpan tank top dan pakaian yang hanya cocok dipakai saat cuaca panas.

  • Anda juga bisa menyimpan pakaian yang memiliki nilai sentimental, seperti pakaian hasil rajutan nenek atau kaus tim tenis saat SMA yang sudah tidak muat lagi. Cobalah untuk menyimpan pakaian bernilai sentimental seminimal mungkin. Bagaimanapun juga, fungsi pakaian adalah untuk dikenakan, bukan disimpan.
  • Jika sudah selesai memilah pakaian yang akan disimpan, masukkan semuanya ke dalam wadah penyimpanan plastik. Simpan tumpukan pakaian tersebut di balik lemari, bawah tempat tidur, tempat penyimpanan, atau ruangan lain di dalam rumah.
4. Tentukan pakaian yang akan disumbangkan atau dibuang. Ini adalah langkah paling sulit dan penting. Jika Anda ingin memiliki lemari yang benar-benar tertata, maka tujuan utamanya adalah menyingkirkan pakaian sebanyak mungkin. Bukan berarti Anda harus membuang benda-benda kesayangan, namun Anda harus benar-benar jeli memilih pakaian yang benar-benar akan dipakai lagi.

  • Jika ada pakaian yang belum dipakai selama lebih dari setahun dan tidak memiliki nilai sentimental, lebih baik disumbangkan saja.
  • Jika ada pakaian yang sudah lusuh, berlubang, atau pudar sehingga tidak akan dikenakan lagi, maka pakaian tersebut layak dibuang.
  • Jika ada beberapa pakaian yang kekecilan, jangan menunggu dan berharap bisa memakainya lagi. Sumbangkan saja pakaian-pakaian tersebut.
  • Sumbangkan atau berikan pada saudara atau teman semua pakaian yang masih bagus dan tidak dipakai lagi .
5. Bersihkan bagian dalam lemari. Lakukan hal ini sebelum menaruh kembali pakaian. Sedot atau sapu debu yang menempel dan bersihkan dinding-dindingnya dengan pembersih. Singkirkan pula sarang laba-laba yang ada dalam lemari.

  • Lakukan perubahan dengan mengecat bagian dalam lemari dengan warna yang berbeda atau menambah dan menyingkirkan beberapa rak lemari.

sumber: id.wikihow.com

meta

Advertisements