mutif-kids-107

Pakaian anak yang menumpuk di keranjang cucian setelah dipakai, sebaiknya harus segera dicuci. Waspadalah terhadap jamur yang bisa tumbuh di bekas kotoran, juga penyebaran kuman penyebab penyakit yang bisa membahayakan kesehatan. Masih bingung bagaimana mencucinya?  Simak tips mencuci pakaian anak berikut ini, yuk!

Gunakan Detergen Yang Aman
sebelum mencuci pakaian anak, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu detergen yang akan digunakan. Pastikan terbebas dari pemutih, pewarna, pewangi dan sabun yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit anak. Harus benar-benar selektif dalam memilih detergen, ya.

Memilah Pakaian
Sebelum mencucinya, hendaklah untuk memilah pakaian-pakaian tersebut. Pisahkan pakaian yang mengandung kotoran dengan pakaian yang tidak mengandung kotoran. Hal ini bertujuan agar kotoran tidak menyebar kepakaian lainnya yang tidak kotor. Selain itu, juga perlu pisahkan pakaian dengan warna terang dan tidak.

Atur Suhu Air
Mengatur suhu air pada saat pencucian merupakan hal yang perlu dilakukan. Mengatur suhu bertujuan untuk mematikan kuman, bakteri dan jamur yang menyebabkan irirtasi pada kulilt anak. Gunakanlah air dingin untuk mencucinya pada mesin cuci, sebab air dingin dapat mencegah timbulnya kuman, jamur dan bakteri pada pakaian.

Pencucian Ekstra
Untuk pakaian seperti cloth diaper, tentu harus melalui pencucian yang ekstra perhatian. Sebab, kotoran yang menempel pada kain tentu mengandung kuman, bakteri dan jamur yang membahayakan kesehatan. Oleh sebab itu, lakukan pencucian yang ekstra dan membilas pun tidak cukup satu kali. Lakukan pembilasan berkali-kali untuk memastikan kotoran benar-benar hilang.

Pastikan Pakaian Benar-Benar Kering
Setelah pakaian bayi dicuci dan dijemur, kemudian angkatlah. Tetapi pastikan kondisinya benar-benar kering dan setrika untuk menghindari tumbuhnya jamur penyebab iritasi pada kulit anak.

Sumber

Molto

By

Devi