Bagi seorang muslimah hijab adalah item penting dalam berbusana. Hijab berguna untuk menutupi rambut dan daerah area kepala dan leher yang juga masih daerah aurat wanita muslimah. Saat ini begitu banyak jenis dan model hijab yang bisa dijadikan pilihan. Meskipun demikian, banyak wanita yang tidak tahu apa bahan hijab yang ia kenakan. Padahal penting bagi mereka untuk tahu jenis kain hijab karena jenis kain hijab mempunyai karakteristik tersendiri. Selain itu, jenis – jenis tertentu juga akan lebih menunjang penapilan agar lebih stylish.

1-2

Nah, ini dia delapan jenis bahan hijab yang perlu Anda ketahui dan juga kharakteristiknya.

  • Hijab dengan kain chiffon
    Jika Anda memilih memakai hijab dengan kain jenis ini, pastikan untuk memakai inner. Hijab dengan bahan chiffon mempunyai karakteristik yang lebih licin dibanding hycon. Banyak bergo yang berbahan chiffon, baik chiffon two tone maupun chiffon crepe. Kain jenis ini memang agak panas, meskipun begitu bergo chiffon sangat cocok digunakan untuk acara semi formal. Bergo chiffon banyak ditemui dalam bentuk pashmina dengan warna yang polos maupun bermotif. Dengan pilihan alternatif warna tersebut Anda bisa menyesuaikan dengan busana dan juga warna kulit wajah dalam memilihnya.
  • Hijab dengan Bahan Katun
    Hijab dengan bahan katun ini memiliki kelebihan memberi rasa nyaman saat memakainya, yang bisa menggunakannya sehari – hari. Untuk perawatan hijab berbahan dasar katun ini juga sangat mudah. Meskipun demikian, hijab ini juga memiliki kekurangan, yaitu tidak begitu bisa dikreasikan karean bahanya yang tebal.
  • Hijab dengan Bahan Lyra atau Spandex.
    Hijab dengan bahan dasar lycra atau spandex ini juga nyaman saat dipakai. selain bahan ini tidak panas saat dipakai, teksturnya juga lentur sekali. Ada beberapa kain yang memiliki efek mengkilap namun ada juga yang tidak. Untuk itu, Anda bisa memilih sesuai selera Anda. Untuk perawatannya juga terbilang sangat mudah, cukup dengan dicuci biasa dan juga dijemur seperti biasanya.
  • Hijab sutra
    Hijab berbahan dasar sutra memiliki kelebihan nyaman saat digunakan, tidak panas, dan juga mudah dikreasikan karena teksturnya yang lembut. Karena hijab ini cantik dan juga modis, maka cocok digunakan saat pergi ke acara pesta. Namun hijab ini memiliki kekurangan yaitu mudah kusut dan juga mudah luntur, untuk itu perawatannya juga harus ekstra hati –hati.
  • Hijab Polyester
    Hijab ini mempunyai kelebihan tidak mudah kusut dan cocok dipakai untuk hijab sehari – hari ataupun acara pesta. Namun juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu panas saat dipakai untuk itu tidak cocok jika digunakan pada saat cuaca panas. Selain itu, hijab ini juga memiliki tekstur yang kaku sehingga sulit untuk dikreasikan. Karena teksturnya yang kaku itu kadang juga membuat kita sulit mendengarkan. Untuk itu pemakainya agak diregangkan saja dan jangan berlapis – lapis.
  • Hijab Rayon.
    Hijab dengan kain ini memiliki kelebihan dingin saat digunakan, terkesan casual dan dapat digunakan untuk aktifitas sehari – hari. Namun hijab ini juga memiliki kekurangan yaitu mudah lusut, kadang – kadang luntur, dan cepat menimbulkan aroma yang kurang sedap karena mudah menyerap keringat.
  • Hijab Bahan Kaos.
    Kelebihan dari hijab dengan bahan kaos adalah nyaman dan dingin saat dipakai dibandingkan hijab dengan jenis lycra dan spandek. Namun hijab dengan bahan ini akan cepat molor jika dicuci.
  • Hijab dengan Bahan Voile.
    Hijab ini mempunyai tekstur yang lembut dan halus sehingga sangat nyaman untuk digunakan. Namun pada bagian leher agak sulit dibentuk karena seratnya tidak lentur.

Sumber : http://blog.shopious.com

Firdayanti