ps-zahraTips Agar Jilbab Tetap Rapi Tanpa Harus Pakai Ciput – Kini hijabers lebih senang menggunakan jilbab yang simpel dan nyaman ketika dipakai beraktivitas. Bahkan beberapa hijabers menyukai mengenakan hijab tanpa ciput agar rambut tidak mudah gerah dan lembab. Namun sebagian dari mereka masih mengeluh karena kalau tidak menggunakan ciput, jilbab lebih mudah berantakan dan rambut sulit diatur. Bagi Anda yang ingin mengenakan jilbab tanpa ciput, berikut tipsnya agar tetap rapi seharian.

1. Materialnya Tidak Licin
Ketika tidak ingin menggunakan ciput, sebaiknya pilih material kerudung yang tak licin seperti katun, kasmir, atau viscose. Material viscose juga sempat tren di 2014 karena cocok diterapkan ke berbagai acara. Materialnya yang lembut tapi tidak licin sangat nyaman dipakai sehari-hari. Bahan viscose lebih mudah diatur tanpa menggunakan ciput.

Hindari menggunakan material seperti sifon atau satin karena membuat kerudung sulit diatur ketika diaplikasikan tanpa ciput. Bahan katun tipis mudah membuat jilbab berantakan dan tampak transparan.

2. Pakai Bandana
Terkadang beberapa wanita bermasalah dengan rambut depannya atau poni mereka yang sering merepotkan ketika tidak menggunakan ciput. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengganti ciput dengan bandana untuk mencegah rambut bagian depan keluar dari kerudung. Manfaatkan bandana untuk diletakkan di bagian atas dahi agar rambut tetap rapi. Pilih bandana yang tipis tapi menyerap keringat supaya rambut tidak lembab dan mudah berkeringat.

Selain bandana, Anda bisa memanfaatkan penjepit rambut. Pilih penjepit yang tidak memiliki bentuk macam-macam sehingga tak terlihat janggal di atas kepala. Pastikan tidak memilih yang warna-warni terutama bila menggunakan jilbab warna putih atau cerah lainnya.

3. Sematkan Jarum di Bawah Dagu
Penyematan jarum di bawah dagu sangat umum dilakukan hijabers. Ketika tidak menggunakan ciput, penyematan jarum atau peniti di bawah dagu membuat jilbab tetap rapi dan membingkai wajah. Hindari menerapkan gaya hijab turban ketika tidak menggunakan ciput karena leher atau telinga bisa terekspos.

4. Pakai Hair Spray
Salah satu alternatif untuk membuat rambut tetap rapi dan tidak berantakan walaupun tanpa ciput dengan memakai hairspray. Semprotkan hairspray ke rambut bagian atas depan supaya tidak mudah jatuh ke bawah. Lakukan hal ini hanya bila ke acara formal karena kalau dipakai setiap hari bisa membuat rambut rusak seperti mengalami kekeringan dan mudah patah.

Sumber : cara-memakai-jilbab.com
Laras