Meskipun mengenakan hijab, terkadang wanita muslimah tertarik pada pakaian yang dibuat dengan lengan pendek atau bahkan tanpa lengan dan sangat ingin menggunakannya untuk penampilan sehari-hari. Sehingga kita harus menyiasati ketiadaan lengan panjang tersebut dengan mengenakan manset atau dalaman pakaian sebelum memakai pakaian yang kita sukai. Manset adalah pakaian perlengkapan untuk muslimah. Pakaian ini ada dua macam.

Pertama, berupa baju lengan panjang dengan kerah sanghai. Baju ini digunakan sebagai dalaman saat mengenakan baju yang lengannya tidak sampai pergelangan tangan.

Kedua, berupa penutup lengan. Bentuknya seperti kaus kaki, tetapi modelnya hanya lurus. Manset dikenakan di lengan, mulai pangkal lengan hingga pergelangan tangan. Fungsinya juga untuk menutupi lengan jika sedang mengenakan baju lengan pendek.

q-mg03Baik baju manset maupun manset lengan, tersedia dalam berbagai warna. Kita bisa menyesuaikan warnanya dengan baju yang sedang dikenakan. Mau manset warna-warni ada, mau cari manset warna kulit juga ada. Akan tetapi, banyak dari kita mungkin lebih memilih manset dengan warna yang paling aman yaitu hitam atau putih. Karena warna tersebut cocok dikenakan dengan pakaian warna apa pun. Jika kita tidak memiliki pakaian yang warnanya sesuai dengan manset yang kita inginkan, kita bisa menyiasatinya dengan memilih pakaian yang berwarna putih atau hitam, baik bergambar atau tidak bergambar, tidak menjadi masalah. Kita juga bisa mencoba memadupadankan manset dengan bawahan yang kita pakai. Untuk keserasian pilihlah bawahan dengan warna senada. Untuk hijab kita juga bisa memilih warna yang sama dengan manset atau baju lengan pendek yang sedang kita kenakan. Contoh: kita sedang mengenakan kaos lengan pendek berwarna putih dan bergambar, kalau ingin menonjolkan putihnya kaos yang kita kenakan, pilihlah hijab berwarna senada dengan manset. Tetapi jika ingin membuat warnanya lebih seimbang, kenakanlah hijab berwarna putih seperti kaos yang kita pakai atau sama dengan warna gambar yang ada di kaos.

Selain manset warna-warni, kita juga perlu menyimpan manset warna kulit di lemari. Manset ini sangat berguna, terutama jika kita memakai baju dengan bahan yang transparan. Misalnya, kebaya dari bahan brokat atau lace. Dengan manset warna kulit, kebaya kita akan tampak lebih cantik dan tubuh kitaa tetap tertutup. Manset warna kulit terbuat dari bermacam-macam bahan. Ada yang dari bahan kaus, ada juga dari lycra. Bahan kaus terasa nyaman saat dikenakan. Sementara bahan lycra lebih halus dan lembut. Cara merawat manset warna kulit sama seperti manset-manset warna lain. Rendam manset dalam air yang telah dicampur deterjen, dan kucek di bagian yang terkena kotoran. Setelah itu bilas sampai bersih. Lalu, angin-anginkan dan jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung.

Jika ingin menggunakan aksesories, kita bisa menambahkan bros kecil dengan warna seperti manset dan bawahan yang kita kenakan. Kemudian untuk sepatu, kita bisa menyesuaikan.

Sumber :shopious.com
Laras