Gamis syar’i yang dimaksud alam artikel ini adalah setelan gamis yang longgar dengan bergo lebar berwarna senada. Biasanya, gamis syar’i plus bergo ini dijual satu set. Gamis syar’i dibuat dari aneka bahan yang bermacam-macam, dan yang sangat populer saat ini adalah gamis jersey baik yang polos maupun berenda. Gamis sifon/ceruti juga cukup populer karena bahannya yang bagus jatuhnya saat dikenakan.

Selain bahan yang disebutkan di atas, masih ada aneka macam bahan yang biasa dipakai untuk membuat gamis syar’i. Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda yang masih belum memahami perbedaan dari bahan-bahan gamis syar’i, tentu ingin tahu apa saja sih bedanya? Yuk, simak tips memilih bahan untuk gamis syar’i supaya kamu tidak salah beli.

Gamis Syar’i Bahan Jersey

Gamis yang populer belakangan ini adalah gamis syar’i berbahan jersey. Bahan jersey adalah bahan yang lembut dan jatuh, yang bisa menimbulkan efek drapery yang cantik saat digunakan. Dengan aksen lipit di bagian dada dan rok cutting umbrella yang lebar, membuat gamis jersey ini kian memesona. Gamis ini bisa divariasikan dengan rimpel di bagian bawah bergo maupun di bagian bawah gamis. Aksen renda/brokat juga marak digunakan untuk menambah kesan manis dari gamis bahan jersey ini.

Gamis Syar’i Bahan Sifon/Cerutif-gs64

Bahan gamis yang kedua adalah bahan sifon atau ceruti.Kedua bahan ini hampir sama. Perbedaannya adalah sifon cenderung lebih licin dan ada efek kaku saat dilipat, sedangkan ceruti lebih lembut dari sifon dan lebih mudah dibentuk. Biasanya, bahan ceruti lebih disukai karena warna-warnanya yang soft seperti warna pastel. Namun, soal motif, sifon lebih banyak ragam motifnya.

Biasanya, bahan sifon maupun ceruti dibuat lebih dari satu lapis. Untuk lapisan dalam umumnya bahan yang dipakai adalah velvet atau lainnya. Tujuan dari adanya lapisan atau furing dari gamis bahan sifon dan ceruti ini adalah agar tidak menerawang karena kedua bahan ini cukup tipis. Jika Anda membeli gamis syar’i sifon atau ceurti yang belum adala lapisan furingnya, maka Anda wajib mengenakan dalaman yang tebal seperti manset kaos atau pakaian berbahan katun.

Gamis Syar’i Bahan Wolfis/Woolpeach

Gamis bahan wolfis nyaman digunakan untuk sehari-hari karena bahannya tebal, tidak menerawang dan warna-warnanya netral. Dari semua bahan, wolfis ini cukup populer karena seratnya yang rapat sehingga tidak memerlukan furing. Bahan wolfis ini juga adem saat dipakai. Untuk Anda yang nggak mau ribet saat beraktifitas sehari-hari, pilihlah bahan wolfis agar acara berpakaian Anda lebih simpel.

Gamis Syar’i Bahan Katun Jepang

Selain jersey, jenis kain yang lagi naik daun untuk bahan gamis adalah katun jepang. Keunggulan dari bahan katun jepang ini adalah bahannya yang menyerap keringat dan nyaman digunakan. Secara penampilan, gamis bahan katun jepang ini sangat cantik karena variasi motifnya yang cantik dan lucu. Biasanya motif yang disukai adalah motif bunga-bunga kecil dan polkadot seperti gambar dibawah ini.

Gamis Syar’i Bahan Kaos

Gamis syar’i lainnya adalah gamis berbahan kaos atau kaos spandex. Gamis ini umumya dipakai untuk sehari-hari dirumah. Harganya cukup terjangkau. Agar terhindar dari bahan yang nyeplak di badan, harap menggunakan pakaian rumah sebelum memakai gamis berbahan kaos ini.

Nah, itulah tipsnya ntuk Anda yang ingin membeli gamis syari. Apapun bahan yang dipakai, sesuaikan dengan syariat islam dan niatkan untuk menjadi hamba Allah yang lebih baik ya, Shalihat. Semoga bermanfaat!

Sumber : shopious.com
Laras

Advertisements