mt-shiva037Mukena merupakan salah satu faktor terpenting dalam ibadah shalat seorang Muslimah. Oleh sebab itu, kenyamanan dalam menggunakan mukena amat dibutuhkan agar kita dapat melaksanakan shalat dengan khusyuk dan sempurna. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih bahan mukena yang nyaman sesuai dengan kondisi dan kebutuhan:

  1. Untuk Bepergian
    Saat melakukan perjalanan yang jauh, tentunya kita membutuhkan kepraktisan dalam membawa barang bawaan agar tidak kerepotan. Begitu pula untuk mukena. Kita perlu mukena yang tipis dan ringkas dilipat sehingga mudah dibawa kemana-mana. Untuk itu, parasut menjadi pilihan yang tepat. Karena teksturnya yang ringan dan tipis sehingga bisa dilipat sangat kecil dan praktis dibawa bepergian.
  2. Untuk Di Rumah dan Masjid
    Pilihlah bahan yang dingin dan mudah menyerap keringat. Sehingga, kita bisa betah berlama-lama melaksanakan shalat. Mukena berbahan katun bisa jadi alternatif yang pas. Karena bahan yang berasal dari serat kapas ini bersifat dingin dan mudah menyerap keringat.
  3. Untuk Cuaca yang Panas
    Bahan sutera bisa menjadi alternatif yang tepat jika cuaca sedang sangat panas. Hal ini disebabkan karena bahan yang dikenal mewah ini bersifat mendinginkan. Selain itu karena teksturnya yang lembut dan mengkilap, sehingga jika mengenakan mukena dari bahan ini memberi kesan elegan dan anggun.
  4. Untuk yang Dinamis dan Berjiwa Muda
    Bagi kaum muslimah yang memiliki mobilitas tinggi dan ingin tetap bergaya muda, mukena berbahan kaus bisa jadi pilihan yang asyik. Bahan yang terbuat dari serat rubber ini bersifat sangat lentur dan jatuh. Mukena berbahan kaus biasanya memang tidak banyak aplikasi bordir. Oleh sebab itu, biasanya mukena jenis ini dibuat dengan model/bentuk yang lebih variatif. Karena itu, jika kita senang bergaya simpel namun tetap modis, tidak ada salahnya memilih mukena berbahan kaus.

sumber : republika.co.id

Arwa