Tips memilih sajadah yang nyaman. Sajadah?? Yaa, bagi umat muslim sajadah bukanlah barang asing, akan tetapi sajadah merupakan bagian penting ketika umat muslim sedang melakukan ibadah. Sajadah bukanlah sesuatu yang langka lho, tidak percaya?Pada umumnya, sajadah digunakan sebagai alas ketika seseorang sedang melakukan ibadah, entah itu di mushola ataupun dirumah. Tujuan dari penggunaan sajadah ini adalah untuk menjaga kesucian tempat dimana seseorang sedang melakukan shalat.

Jika ditengok lebih jauh, ada yang perlu diketahui bahwasannya penggunaan sajadah yang sebagai sarana untuk menjaga kesucian tempat beribadah ini bukan semata-mata poin penting yang harus diperhatikan. Tetapi, poin terpentingnya adalah bagaimana bisa menemukan sajadah yang bisa dipakai dengan nyaman dan tidak menganggu proses ibadah yang anda lakukan. Untuk itu, agar ibadah juga lancar maka perlu juga memperhatikan cara pemilihan sajadah yang nyaman. Berikut beberapa tips memilih sajadah yang nyaman.

mt-sajadah-allura001

  1. Pilih warna netral

    Berkonsentrasi ketika beribadah memang hal yang sulit dilakukan, bahkan oleh orang-orang yang katanya khusuk sekalipun. Tetapi nyatanya, tidak bisa berkonsentrasi ketika beribadah bukan hanya disebabkan oleh seberapa besar tingkat keimanan seseorang. Tetapi, hal tersebut juga dipengaruhi oleh sarana yang digunakan ketika beribadah, salah satunya adalah sajadah. Warna sajadah juga bisa mempengaruhi kekusyukan ketika beribadah, jadi sebaiknya memilih warna sajadah dengan tema yang kalem. Warna kalem yang bisa dijadikan pilihan diantaranya adalah merah hati dan hijau tua ataupun coklat. Hal terpenting yang mesti diingat adalah untuk menghindari pemilihan warna yang terlalu mencolok.

  1. Pilih bahan sajadah

    Memilih bahan yang digunakan untuk membuat sajadah adalah hal yang harus dilakukan. pemilihan bahan sajadah menentukan kenyamanan dari sajadah itu sendiri ketika sedang dipakai. Lalu, bagaimana mengetahui bahwa sajadah tersebut nyaman digunakan atau tidak? ciri-ciri sajadah yang nyaman digunakan adalah sajadah dengan bahan yang lembut sehingga ketika anda bersujud maka kening tidak akan merasakan sakit karena serat sajadah yang kasar.

  1. Pilih sajadah berdasarkan motifnya

    Memilih sajadah sangat berbeda dengan memilih baju. Ketika memilih baju, pemilihan motif yang keren adalah sebuah kewajiban sehingga ketika dipakaiakan tampak keren. Tetapi, beda halnya dengan ketika anda memilih sajadah, dalam hal ini akan lebih baik jika anda memilih motif yang sederhana. Tahukah anda apa tujuannya? Tentu motif yang sederhana lebih membantu anda untuk lebih bisa beribadah lebih khusyuk lagi. Memang siih sajadah dengan motif yang cantik sangat menarik, tetapi sering kali hal tersebut justru akan menganggu kekusyukan saat beribadah. Seperti contoh, ketika anda memakai sajadah dengan motif bunga-bunga yang mencolok ataupun gambar yang mencolok pasti anda akan sedikit tergoda untuk membayangkan keindahan bunga-bunga tersebut dalam kehidupan nyata. Tentu hal tersebut sangat menganggu bukan, jadi jadi pilih sajadah dengan motif yang sederhana saja.

  1. Pilh sajadah berdasarkan jenisnya

    Selain memilih sajadah berdasarkan warna, bahan dan motifnya kemudian anda juga harus memilih sajadah berdasarkan jenisnya. Seperti yang banyak orang tahu, bahwa sajadah terdiri dari beberapa jenis, jadi dalamhalini anda bisa memilih sajadah sesuai dengan kenyamanan yang anda impikan.

Sedikit pembahasan tentang tips memilih sajadah yang nyaman diatas bisa anda tambahkan sebagai referensi untuk menemukan salah satu sarana pendukung beribadah yang nyaman. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share pada orang-orang disekitar anda.

sumber :shopious.com

Laras