Berenang adalah salah satu olahraga yang disunahkan oleh Rasulullah. Tiap muslim baik pria maupun wanita memiliki kesempatan yang sama untuk mempelajari olahraga ini. Untuk wanita yang berhijab, memerlukan pakaian khusus untuk berenang. Mereka tidak menggunakan pakaian renang biasa, karena harus tetap memakai pakaian yang menutup aurat.

Pakaian renang untuk wanita biasanya dibuat ketat dan sedikit terbuka. Bahkan ada jenis pakaian renang seperti bikini yang tentu tidak cocok untuk para muslimah. Jika berenang di rumah sih, tak begitu jadi soal. Namun jika berenangnya di kolam renang umum atau di pantai, tentu tidak mungkin bukan memakai bikini?

Terutama di pantai. Muslimah tak perlu bingung lagi mengenakan busana yang dapat dipakai untuk aktifitas di pantai sekaligus berbasah-basahan alias berenang. Saat ini sudah mulai diproduksi busana pantai muslimah yang modis dan sesuai dengan syariat (syar’i). Tentunya Anda sudah mengerti bukan syarat pakaian muslimah yang syar’i?

qt60

Pakaian muslimah, baik untuk sehari-hari, pesta, hingga pakaian renang haruslah memenuhi syarat berikut:

  • Menutup seluruh tubuh, kecuali muka dan telapak tangan
  • Bahannya tebal, tidak tipis dan tidak menerawang
  • Tidak membentuk lekuk tubuh
  • Tidak menyerupai laki-laki
  • Tidak menyerupai orang kafir

Nah, dari kriteria di atas, maka baju renang apalagi yang digunakan di pantai harus memenuhi kriteria tersebut. Salah satu contoh pakaian renang yang khusus didesain untuk dipakai oleh muslimah adalah rancangan Dian Pelangi. Dengan warna-warni yang cerah, tidak membentuk lekuk tubuh dan modis, membuat busana pantai muslimah ini sangat cocok untuk menambah gaya busana Anda.

Jika Anda ingin bermain dengan model, maka Anda bisa memilih celana renang skinny dipadukan dengan atasan blouse yang agak mengembang atau tunik. Jangan lupa, dibawah blouse pakailah dalaman yang ketat, agar saat berenang aurat Anda aman. Kemudian, pilih hijab berupa turban. Kenakan inner ninja full covered, lalu pakai hijab turban warna senada dengan pakaian dan berikan sentuhan akhir berupa brooch bunga yang cantik.

Pilih bahan yang ringan, namun tidak transparan. Ini adalah alternatif pakaian yang modis, selain wetsuit yang biasanya modelnya hanya begitu-begitu saja. Ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan sebelum Anda memilih pakaian renang modis ini:

  1. Bawahan skinny
    Untuk bawahan, gunakan yang menempel pada kulit agar tidak berat dan tidak mudah tersingkap.
  2. Jangan pakai warna putih!
    Gunakan blouse/tunik yang berwarna. Jangan mengenakan atasan warna putih, sebab akan menerawang jika kena air.
  3. Hijab turban
    Gunakan turban, karena selain ringa, hijab ini tidak membuat Anda “ribet” saat berenang. Tentunya pakai inner ninja sebelum memakai turban.
  4. Kurangi aksesoris
    Peniti, jarum, bros, sebaaikya tidak digunakan saat memakai busana pantai muslimah. Untuk pemanis turban, gunakan brooch yang bahannya tahan air.
  5. Jangan pakai denim
    Hindari memakai bahan denim, baik yang kaku maupun yang lemas karena akan sangat berat di badan jika terkena air. Pilih bahan yang ringan dan tidak transparan.
  6. Hindari bahan sifon
    Selain denim, bahan sifon adalah jenis kain yang harus Anda hindari jika Anda tidak ingin pakaian Anda tembs pandang dan menempel di badan Anda. Atasan dari bahan sifon hanya boleh Anda pakai jika tidak berencana untuk berenang.

sumber :shopious.com
Laras