supplier

Supplier memiliki peran yang cukup strategis dalam mendukung kesuksesan toko online. Tanpa supplier yang baik, toko online tidak akan mampu tumbuh dan berkembang. Walaupun suatu toko online memiliki kemampuan yang hebat dalam marketing, apabila tidak didukung oleh pasokan barang yang berkualitas dan dalam jumlah yang banyak, maka toko online tersebut akan mendapatkan banyak komplain dari konsumen mereka, lantaran barang yang dipesan ternyata tidak tersedia di gudang alias out of stock.

Adapun bagi Anda yang ingin memulai usaha toko online, maka keberadaan supplier juga harus Anda perhatikan. Sebab, keberadaan supplier bukan hanya penting bagi toko online besar, tetapi juga penting bagi toko online kecil bahkan bagi toko online yang baru memulai bisnis. Nah, bagi Anda yang berencana membuka toko online, maka berikut empat cara yang bisa Anda lakukan untuk mencari supplier.

1. Mendatangi Produsen, Distributor,atau Toko Offline Secara Langsung

Setiap daerah biasanya terkenal dengan kerajinan atau produk tertentu atau pusat penjualan produk tertentu. Jika Anda ingin mencari supplier, Anda bisa mendatangi tempat-tempat tersebut.  Jadi, yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu dimana pusat  barang yang Anda jual, lalu mendatanginya dan sampaikan bahwa Anda ingin menjadi penjual produk-produk mereka.

Selain produsen, Anda juga bisa mendatangi distributor bahkan toko offline. Kepada distributor, sampaikan bahwa Anda ingin menjadi reseller produk-produk mereka. Kepada toko offline, sampaikan bahwa Anda ingin menjualkan produk-produk mereka. Biasanya mereka akan dengan senang hati bersedia menjadi supplier bagi toko online Anda karena hal itu merupakan peluang bagi mereka untuk meningkatkan penjualan.

2. Menggunakan Mesin Pencari

Cara mencari supplier dengan menggunakan mesin pencari sangat mudah. Dengan mengetikkan kata kunci yang tepat (misalnya: supplier, produsen, distributor, grosir, dan diikuti oleh nama barang yang Anda bidik) di kolom yang disediakan di laman mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing, maka mesin pencari ter

sebut akan menyajikan aneka informasi seputar kata kunci yang Anda cari.

Kunjungi link yang ada di laman hasil pencarian satu per satu sampai Anda menemukan supplier yang cocok untuk toko online Anda. Setelah Anda menemukannya, hubungi nomor kontak supplier tersebut dan sampaikan maksud Anda.

3. Mengunjungi Forum Online

Setiap forum online biasanya memiliki sub forum yang menyajikan informasi seputar penawaran kerjasama antara supplier, distributor, agen, dan penjual individual. Kaskus adalah salah satu situs forum online yang memiliki sub forum jenis tersebut. Di sub forum itu, tersedia banyak thread dari masing-masing supplier yang menawarkan pendaftaran bagi siapa saja yang ingin menjadi reseller atau penjual produk-produk mereka. Kunjungilah satu per satu thread yang menarik minat Anda dan perhatikan apa saja persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan oleh si supplier.

4. Mengunjungi Akun Media Sosial Milik Supplier

Di zaman ini, hampir setiap supplier memiliki akun media sosial—selain website tentunya. Nah, kunjungilah akun-akun media sosial tersebut dan sampaikan keinginan Anda kepada sang admin. Biasanya, sang admin akan membalas pesan Anda dengan memberikan informasi penting berupa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi dan disetujui oleh setiap toko online yang ingin membeli barang dari si supplier.

Demikian empat cara mencari supplier untuk toko online Anda. Gunakan salah satu atau keempat cara di atas sekaligus. Semakin banyak cara yang Anda lakukan, semakin banyak pula supplier yang ditemukan. Siapa pun yang akan menjadi supplier toko online Anda, pastikan supplier tersebut bersedia memasok produk kepada Anda dalam jumlah yang sesuai dengan harga serendah mungkin.

sumber : veritrans.co.id

meta