Sudah mengetahui bahan yang nyaman dan juga tren hijab terkini, pastinya penampilan bisa jadi lebih maksimal jika padanan busananya juga tepat. Memadukan busana dengan hijab memang gampang-gampang susah. Salah memilih warna atau motif, penampilan bisa terlihat terlalu mencolok dan kurang cantik dilihat. Kami pun mewawancarai beberapa desainer ternama seperti Windri Dhari (pemilik label Nur Zahra), Mel Ahyar, dan juga Ria Miranda sebagai inspirasi Anda untuk tampil gaya, saat silaturahmi di hari Lebaran nanti.

1. Perhatikan Pemilihan Warna

nb-nt02

Warna menjadi komponen penting ketika Anda memadupadankan busana. Biasanya untuk tampil aman, kebanyakan wanita akan memilih kerudung dengan tone warna yang sama dengan bajunya. Namun sebaiknya, pilihlah warna hijab yang berbeda namun masih terlihat harmonis dengan busana. Misalnya saja Anda memakai kaftan berwarna hijau dengan payet emas untuk Lebaran tahun ini. Sebaiknya, Anda memilih warna emas dengan tema yang masih senada dengan ornamen payet di baju.

“Warnanya kalau kerudung hijau, baju hijau itu last year deh.. sebaiknya kalau memang mau stylish tapi tetap ketutup sih, coba cari warna yang berbeda antara kerudung sama busana jadi lebih menarik,” ujar Mel Ahyar saat berbincang dengan Wolipop belum lama ini di trunk show di Galeries Lafayette, Pacific Place, Jakarta.

2. Pilihan Motif

Bermainlah dengan proporsi yang seimbang jika ingin tampil cantik di hari Lebaran nanti. Misalnya saja jika baju sudah penuh motif, sebaiknya pilih kerudung yang polos, begitu juga sebaliknya. Ambil satu warna dari motif yang ada pada baju. Selain itu, jika Anda memiliki pipi chubby, sebaiknya hindari motif kerudung yang besar-besar dan penuh. Pilihlah yang motifnya lebih simple dan tanpa banyak warna.

3. Pilihan Bahan

Pemilihan bahan selendang juga dapat membuat busana yang Anda pakai terlihat berbeda. Misalnya saja jika baju Anda tak terlalu banyak detail berpayet, namun ingin tetap terkesan mewah, Anda bisa menyiasatinya dengan memakai kerudung berbahan silk. Sebaliknya, jika busana Anda sudah penuh detail payet berkilauan, sederhanakan penampilan dengan kerudung berbahan sifon ataupun katun.

Bahannya kayak sifon, katun, linen, viscose, sangat nyaman dipakai sehari-hari dan lebaran juga. Untuk silk itu kan kesannya mewah, jadi nggak perlu aneh-aneh modelnya sudah memperlihatkan kemewahan. Mungkin dengan detail Swarovski di tangan atau leher, looknya seperti kaftan terus nggak terlalu berlebihan style-nya tapi tetap cantik,” ujar Ria Miranda yang juga ditemui di Galeries Lafayette, Pacific Place, Jakarta.

4. Bagaimana Padu Padannya?

Desainer dari label NurZahra, Windri Dhari memberi sedikit tips untuk padu padan yang bisa Anda terapkan saat berlebaran nanti. Saat silaturahmi yang menuntut Anda banyak bergerak, padanan atasan tunik, outerwear dengan celana pipa atau rok maxi bisa jadi pilihan. Untuk baju yang sudah bertumpuk, padukan dengan pilihan bahan hijab yang nyaman seperti katun.

Beda lagi jika Anda ingin tampil lebih formal. Windri menyarankan untuk memakai kaftan atau abaya dengan bahan yang nyaman dan ringan sehingga tetap terkesan mewah dan juga lebih praktis. Untuk busana ini, bahan kerudung silk ataupun silk crepe akan membuat tampilan jadi lebih elegan.

5. Tambahan Aksesori

Aksesori jangan sampai terlewat saat padu padan busana dan hijab untuk hari Lebaran nanti. Menurut Windri, tak perlu aksesori yang berlebihan. Bross atau headpiece ukuran besar juga sebaiknya ditinggalkan dulu agar tidak tampil berlebihan.

sumber: wolipop

meta