mr-19

          Setiap orangtua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati mereka. Begitu pula ketika memilih busana atau kerudung untuk anak. Beberapa ibu masih sering merasa bingung ketika harus memilihkan jilbab yang nyamansehingga anak betah ketika memakainya saat pergi ke suatu acara tertentu atau dengan tujuan melatihnya sejak dini. Berikut tips memilihkan jilbab yang nyaman untuk si kecil.

1. Pilih Bahan yang Menyerap Keringat

Pilih kerudung dengan material yang menyerap keringat seperti katun. Untuk jilbab anak sebaiknya cari bahan yang 100% katun atau rayon. Aktris yang kini terjun menjadi desainer, Risty Tagor, menyarankan untuk memilih jilbab atau kerudung anak cari bahan yang terbaik.

“Bahannya harus yang nyaman untuk anak karena mereka aktif bergerak,” tutur Risty saat ditemui beberapa waktu lalu di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Memilih bahan kerudung untuk anak sama seperti membelikan busana buat mereka terutama bila si kecil berkulit sensitif. Fashion stylist anak, Lala Sirait, juga mengimbau kepada para ibu untuk menemukan material yang tepat. Jangan asal pilih karena bisa berpengaruh terhadap kulit buah hati tercinta.

“Mengatasi kulit sensitif anak adalah dengan pemilihan bahan yang tepat. Untuk anak yang alergi‎ kalau bisa cari yang 100% katun. Jika perlu beli yang organik. Hindari juga bahan polyester yang kadang bikin anak berkulit sensitif gatal,” ujar Lala ketika ditemui di Grand Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat.

2. Jilbab Instan

Pilihkan anak jilbab yang instan, tidak perlu dikreasikan terutama bila mereka aktif bergerak. Jilbab instan lebih membuat si kecil merasa nyaman ketika bermain karena mudah digunakan dan tidak merepotkan. Model jilbab instan untuk anak kini juga bervariasi seperti memiliki detail bordir atau turban. Pilih yang paling nyaman untuk anak.

3. Tidak Pakai Jarum

Hindari penggunaan jarum di kerudung anak. Jarum pentul atau peniti bisa melukainya karena mereka masih aktif bergerak. Pilih model jilbab instan yang sesuai dengan ukuran wajahnya sehingga tidak perlu menggunakan peniti. Jarum atau peniti juga dapat membuat kulit anak gatal terutama yang jenisnya sensitif.

Untuk ibu yang masih memiliki anak balita saja, Risty menyarankan agar memakai kerudung sederhana dan simpel, kalau bisa tanpa peniti. Tidak menutup kemungkinan jarum yang Anda pakai juga dapat melukainya.

4. Berikan Pilihan Warna Cerah

Ketika ingin si kecil memakai kerudung sebelum menghadiri suatu acara bersama Anda, pilihkan kerudung dengan nuansa cerah atau motif warna-warni. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Departemen Pengembangan Anak, California State University Fullerton, warna busana bisa mempengaruhi perasaan anak. Dengan memberikan pilihan warna cerah seperti pink, biru, merah, atau warna-warni maka bisa membuat si kecil merasa lebih bahagia dan bersemangat. Tidak hanya busana, kerudung pun perlu disesuaikan. Biarkan anak memilih sesuai dengan selera mereka. Ini juga untuk melatihnya agar terbiasa memilih sejak kecil.

sumber: wolipop

meta