Kita seorang muslimah dan memiliki permasalahan dengan timbulnya rasa tidak percaya diri dalam berbusana karena tubuh kita yang mungil? Sebaiknya kita segera membaca artikel tentang 9 tips berbusana syar’i untuk muslimah bertubuh mungil yang satu ini. Sejatinya, setiap wanita muslim adalah seorang muslimah yang dianugerahi kesempatan untuk berpenampilan cantik. Artikel 9 tips berbusana syar’i untuk muslimah bertubuh mungil ini akan membantu kita untuk menemukan solusi yang tepat bagi kita yang memiliki permasalahan dengan tubuh yang relatif mungil.

f-gs122Berbusana secara syar’i adalah metode berpakaian seorang muslimah yang telah menjadi kewajiban dan tuntunan dalam agama islam. Busana syar’i adalah busana yang menutupi aurat seorang muslimah dengan cara yang baik dan bukan hanya sekedar menempel di tubuh. Busana syar’i bagi muslimah umumnya memiliki ukuran yang besar dan biasa dijual dalam bentuk all size di pasaran. Hal ini tentu menjadi permasalahan yang banyak ditemukan oleh muslimah bertubuh mungil.

Tidak semua wanita memiliki bentuk tubuh yang tinggi, ramping dan proporsional. Beberapa wanita justru memiliki permasalahan dengan bentuk tubuhnya yang dapat dikatakan pendek, baik dalam ukuran ramping atau gemuk. Hal ini pun juga dirasakan oleh beberapa muslimah yang memiliki postur tubuh lebih mungil dari para muslimah kebanyakan. Berikut akan dipaparkan beberapa tips bagi para muslimah yang bertubuh mungil dalam memilih jenis busana syar’i.

Pilih Busana Syar’i dengan Model Satu Warna (Monochrome)

Dalam menyiasati bentuk tubuh kita yang mungil, pilihlah busana dengan model satu warna (monochrome). Kita dapat memilih busana baik berupa terusan (gamis) maupun atasan dan bawahan dengan warna-warna yang senada. Sesuaikan pula warna hijab kita dengan warna busana kita. Model pemakaian satu warna pada busana akan menyamarkan garis batasan pada bentuk tubuh kita sehingga bagian-bagian tubuh kita tidak terlihat pendek/kecil.

Hindari Busana dengan Motif Berlebihan

Kita bisa memakai busana muslimah dengan model motif asal tidak berlebihan. Sebaliknya, hindari pemakaian busana muslim dengan motif yang besar dan beragam juga dengan detail warna yang mencolok. Motif yang besar dan beragam pada busana akan memberikan efek lebih pendek pada tubuh mungil kita. Gunakan busana yang memiliki motif santun yang tidak beragam.

Sesuaikan Keuntungan dari Busana Motif Vertikal dan Motif Horizontal

Beberapa orang percaya bahwa motif vertikal dapat memberikan kesan jatuh dan lebih tinggi bagi seseorang yang memiliki postur tubuh yang pendek. Namun, seseorang yang memiliki tubuh yang juga mungil tentu akan terlihat lebih kecil jika memakai busana dengan motif vertikal yang tampak jelas. Sesuaikan fungsi dan keuntungan dari motif vertikal secara bijaksana. Sesekali kita dapat memilih motif horizontal untuk memberikan efek lebih besar pada tubuh kita yang terlihat mungil.

Pilih Busana dengan Warna-Warna Pastel

Busana dengan model satu warna (monochrome) yang kita gunakan tentunya memberikan kesan polos dan terlihat biasa. Siasati permasalahan ini dengan memilih busana-busana muslimah dengan warna-warna pastel yang cerah namun tetap santun. Warna-warna pastel membantu kita untuk menaikkan mood dan memberikan kesan ceria kepada orang-orang di sekitar kita. Dengan warna-warna pastel, busana muslimah kita akan membuat kita lebih menarik.

Kenakan Busana dengan Ukuran Proporsional

Maksud dari proporsional disini adalah kita perlu memilih busana dengan ukuran yang tidak terlalu kecil atau tidak terlalu besar. Busana muslimah dengan ukuran terlalu kecil akan menampakkan jelas bentuk tubuh kita dan juga menyalahi kaidah berpakaian syar’i bagi muslimah. Busana muslimah yang terlalu besar juga akan memberikan efek ‘tenggelam’ bagi tubuh mungil kita. Pilihlah busana muslimah dengan ukuran yang proporsional bagi tubuh kita, seperti memilih bawahan dalam bentuk celana dengan model yang lurus atau bawahan dalam bentuk rok dengan model yang tidak terlalu berlebihan.

Gunakan Aksesoris dengan Tidak Berlebihan

Aksesoris yang berlebihan dan berukuran besar jelas membuat kita terlihat lebih mungil. Pilihlah aksesoris yang berbentuk kecil dan tidak memiliki motif yang menambah kesan ramai pada busana muslimah kita. Memakai aksesoris secara berlebihan dalam berbusana juga merusak kaidah berpakaian bagi muslimah secara syar’i dan terlihat sederhana. Gunakan aksesoris dalam berbusana muslimah dengan seperlunya saja.

Gunakan Tas Sesuai Bentuk Tubuh

Muslimah dengan tubuh yang mungil tidak disarankan untuk menggunakan tas yang terlalu besar. Tas ransel dengan model kantung yang banyak sebaiknya tidak digunakan oleh muslimah yang bertubuh mungil. Gunakan tas yang sesuai dengan bentuk tubuh mungil kita. Selain menambah efek ‘tenggelam’, tas dengan ukuran terlalu besar pun tidak baik bagi pertumbuhan tulang punggung.

Sumber : Shopious , Zoya

Firdayanti