kf-mw419Tips Pemilihan dan Perawatan Baju Koko yang dibahas kali menjadi penting karena baju koko merupakan baju muslim pria yang sering digunakan di berbagai kesempatan. Sejak dahulu, baju koko telah menjadi pilihan pria muslim untuk dikenakan saat acara keagamaan seperti sholat Ied, sholat Jumat, sholat tarawih, dan juga pengajian. Dengan zaman yang terus berkembang, baju koko kini juga telah banyak digunakan sebagai busana sehari-hari dan juga untuk menghadiri berbagai acara formal dan non-formal.

Baju Koko di Masa Lalu dan Kini

Bukan hanya penggunaannya saja yang semakin beragam, tetapi model baju muslim koko juga sangat jauh berkembang dibandingkan masa lalu. Kini, model baju koko tidak lagi monoton dan kaku tetapi telah hadir dalam berbagai macam model dan variasi yang memungkinkan penggunaan baju koko dengan berbagai gaya yang berkesan formal maupun non-formal.
Pilihan warna baju koko kini semakin banyak, tidak seperti dahulu yang hanya dibuat seputar baju berwarna putih saja. Hitam, biru, ungu, abu-abu, hijau dan berbagai macam warna lainnya telah banyak digunakan. Kemudian, variasi yang digunakan juga tidak hanya hiasan kecil di bagian dada atau tangan saja, berbagai ornament seperti bordir telah digunakan di baju koko masa kini.

Tips Pemilihan dan Perawatan Baju Koko yang Bisa Dilakukan

Bagi para pria muslim yang ingin menggunakan baju koko, berikut ini adalah Tips Pemilihan dan Perawatan Baju Koko yang bisa Anda lakukan. Perlu diingat bahwa pilihan yang begitu banyak sering membuat bingung sehingga Anda harus berhati-hati dalam memilih baju koko yang tepat. Kemudian, perawatan baju koko juga harus diperhatikan agar baju yang dimiliki tidak mudah rusak dan bisa digunakan dalam waktu yang lama.
Untuk memilih baju koko yang tepat lakukanlah hal berikut:
  1. Memilih baju koko dengan rancangan yang disesuaikan dengan kepribadian. Untuk para pria yang bergaya simple, baju koko yang dipilih sebaiknya yang minim ornament.
  2. Memilih baju koko yang dibuat dari bahan yang membuat tubuh merasa nyaman. Jika berencana untuk sering menggunakan baju koko, bahan katun adalah pilihan yang tepat.
  3. Jika ingin dapat menggunakan baju koko di berbagai acara yang berbeda, pilihlah warna-warna yang netral dan tidak mencolok seperti putih, hitam, krem, dan coklat.

Setelah mendapatkan baju koko yang tepat, lakukanlah perawatan di bawah ini.

  1. Saat mencuci, baju koko berwarna putih harus dipisahkan dari pakaian berwarna
  2. Saat mengucek, lakukanlah seperlunya. Jangan menggilas dengan mesin cuci terlalu keras.
  3. Letakkan kapur barus wangi di dalam lemari untuk menghindari ngengat dan juga jamur.
  4. Saat menyimpan baju koko di dalam lemari, jangan gunakan plastik karena bisa menyebabkan panas yang membuat baju menjadi berwarna kekuningan.
Begitulah hal-hal penting yang sebaiknya Anda perhatikan tentang baju koko. Semoga Tips Pemilihan dan Perawatan Baju Koko ini memberikan manfaat bagi Anda.
sumber : desainbajumuslim.com
Arwa