rh-ps-flower-redMemperbaiki sikap membuat wanita menjadii lebih cantik dari dalam. Sebab, sikap yang baik atau hati yang baik akan memancarkan kecantikan yang sesungguhnya. Oleh karena itu, marilah kita terus belajar menjadi orang yang baik dari waktu ke waktu. Caranya adalah dengan muhasabah atau introspeksi diri, apa saja hal yang perlu kita pelajari supaya satu persatu sikap kita berubah ke arah yang lebih baik.

Jujur (Walaupun Sulit)

Jujur itu mudah diucapkan, namun sulit untuk dilakukan. Jika kita tidak terbiasa untuk berkata jujur, maka kita akan sering berdusta dalam setiap segi kehidupan kita. Jujur itu sejatinya sikap yang wajib ada pada setiap diri manusia, apalagi bagi wanita berhijab. Mulailah untuk jujur setiap hari, jangan pernah berbohong kepada siapapun sehingga kita dipercaya orang lain.

Menjadi Diri Sendiri

Masih ingat jargon “Be Your Self” yang ngetrend banget di era 90-an. Kata-kata tersebut ternyata masih berlaku lho, sampai sekarang. Saat ini banyak orang yang jadi bebek alias asal ikut trend saja. Mereka tidak berani untuk menjadi diri sendiri. Padahal, setiap manusia diciptakan berbeda. Kamu harus berani menjadi pribadimu yang sesungguhnya, daripada kamu mengikuti orang lain belum tentu bagus untukmu. So, jadilah dirimu sendiri dan kamu akan lebih dihargai.

Pandai Bersyukur Atas Nikmat Allah

Setiap orang telah diberi jatah rezeki oleh Allah. Ada yang diberi kecantikan yang masyaa Allah, ada yang diberi kelebihan harta, ada yang pandai, ada yang memiliki bakat tertentu, semuanya itu adalah nikmat Allah yang wajib disyukuri. Bahkan, ketika kamu merasa tidak memiliki apapun, kamu tidak perlu rendah diri. Lihatlah dari kacamata syukur, kamu akan menemukan bahwa banyak sekali nikmat Allah yang patut kamu syukuri.

Ramah dan Murah Senyum

Tidak ada orang yang suka dijutekin. Beneran deh, apalagi dijutekin sama cewek berhijab. Miliki sikap ramah kepada siapa saja, sediakan senyuman pada setiap orang, karena senyuman yang tulus itu sedekah. Tapi jangan senyum-senyum sendiri yah! Nanti dikira kenapa lagi. Wanita berhijab, makin cantik jika senyuman selalu menghiasi wajahnya. Just Smile, Dear!

Mawas Diri, Pandai Menjaga Diri

Sebagai muslimah, pandai-pandailah menjaga diri dalam pergaulan. Apalagi dengan lelaki yang bukan mahram. Jika kamu tinggal di kota besar, tantangan pergaulan pasti makin dahsyat. Oleh karena itu, jagalah diri dengan hijab, sekaligus jaga izzah atau kemuliaan hijabmu ya. Ingat, setiap muslimah berhijab harus lebih mawas diri dari segala bentuk kejahatan dan maksiat. Hati-hati dalam bergaul.

Mau Terus Belajar Baik Formal Maupun Informal

Berhijab bukan penghalang untuk terus belajar. Apabila memiliki kesempatan, raih cita-citamu setinggi mungkin. Wanita berhijab juga boleh menuntut ilmu apa saja hingga level akademis tertinggi. Jadi, jangan jadikan hijab sebagai penghalang untuk terus menuntut ilmu ya. Begitu juga dengan ilmu-ilmu yang bisa kamu peroleh di dunia sekitar. Pelajari dan amalkan ilmu tersebut untuk meningkatkan kualitas dirimu.

Kreatif dan Berwawasan Global

Kita tahu banyak hijabers yang memiliki segudang prestasi karena mereka kreatif. Ada yang menjadi aktris, penulis, pebisnis, traveller, hingga seniman yang banyak menghasilkan karya. Hal itu karena mereka mau mengembangkan diri dan kreativitas supaya karya mereka dikenal dan bermanfaat bagi orang banyak. Sebagai muslimah berhijab, kamu wajib mengasah kreativitasmu di bidang apapun dan memperluas wawasanmu. Be a smart muslimah!

Sederhana

Menjadi muslimah yang sederhana mengandung banyak arti. Sederhana dalam berpakaian, sederhana dalam menggunakan uang, sederhana dalam hidup, sederhana dalam bersikap, serta sederhana dalam berkata-kata. Jika berpakaian, hindarilah bermewah-mewah, begitu pula dengan pola hidup, pola makan, dan dalam bertutur kata. Jangan suka mempersulit diri dan mempersulit orang lain. Dengan sikap sederhana, semua akan jauh lebih mudah. Kamu akan lebih menghargai hidup saat kamu menikmati kesederhanaan.

Tenang dalam Menghadapi Masalah

Sikap tenang sangat diperlukan saat menghadapi masalah. Sebagai seorang muslimah, kamu harus pandai mengatur emosi supaya tidak lekas panik atau marah karena masalah yang terjadi dalam hidupmu. Sikap tenang akan membantumu berpikir secara sehat dan mampu menemukan jawaban atas persoalan yang terjadi. Sikap tenang juga menghindarkanmu dari sikap pemarah yang tentunya tergolong akhlak tercela.

Mau Menyempurnakan Hijab

Nah, setelah sikap-sikap yang sifatnya dari dalam, kamu juga perlu memiliki sikap untuk selalu memperbaiki hijabmu dari luar. Hijabmu bukanlah perhiasan yang dipakai dengan maksud untuk meyombongkan diri. Jadi, jangan terus-terusan menghamburkan uang untuk menuruti hawa nafsu. Hindari sikap boros dan belajarlah untuk berhijab yang baik, sederhana dan sesuai syari’at. Milikilah kemauan untuk menyempurnakan hijabmu supaya kamu lebih disayang sama Allah.

Sumber : shopious

Firdayanti

Advertisements