Inilah Cara Supaya Kamu Nggak Boros Saat Belanja Hijab Bicara belanja, semua wanita pasti suka belanja. Untuk mendapatkan barang-barang oke, berkualitas dan murah, tentunya wanita selalu mencari tips dan cara supaya belanjanya menjadi menyenangkan. Menyenangkan prosesnya, menyenangkan endingnya. Maksudnya, saat belanja enjoy dan selepas belanja nggak nangis lihat isi dompet berkurang drastis. Ini namanya belanja yang hemat, cermat dan bersahaja. Seperti Pramuka saja ya, Dear!

mr-md03

Periksa Berkala Koleksi Hijabmu, Sudah Perlukah Belanja Hijab?

Sebelum berangkat ke toko hijab atau lihat-lihat di toko hijab online, sebaiknya kamu luangkan waktu sejenak untuk membuka lemarimu dan melihat koleksi hijabmu. Saat dilihat, sepertinya kamu masih butuh hijab banyak, untuk baju yang ini, untuk baju yang itu. Itu terjadi kalau kamu sudah pegang uang. Biasanya sih, semuanya jadi butuh aja, padahal aslinya cuman pengen doang.

Beli yang Dibutuhkan, Bukan yang Diinginkan

Fix, ternyata setelah mengerem keinginan, kamu jadi tahu apa yang kamu butuhkan. Dengan begini, kamu bisa memilah, apa yang benar-benar menjadi kebutuhanmu dan apakah yang menjadi keinginanmu. Kalau ingin menutup aurat dengan baik, pakailah hijab yang kamu punya. Tapi kalau ingin tampil modis, belanjaah sesuka hatimu. Di situ kamu bisa tahu, perbedaan mendasar antara keinginan dan kebutuhan.

Jenis Hijab Apa yang Sering Kamu Pakai?

Rumuskan, hijab apa saja yang nyaman buat kamu pakai. Jangan habiskan uangmu untuk mencoba membeli hijab yang kamu sudah jelas tidak cocok memakainya, baik soal model hijab maupun warnanya. Dengan memilih jenis hijab yang tepat, kamu akan bisa menentukan hijab yang paling pas buat kamu dan pastinya kamu akan sering memakainya karena sesuai denganmu.

Kalau Sudah Punya Warna Pink, Kenapa Beli Pink Lagi?

Nah, kalau kamu sudah punya warna pink, kenapa harus memaksakan diri membeli hijab warna serupa? Biasanya ini terjadi kala ada sale dengan discount menarik (dan susah ditolak). Padahal, kamu tidak membutuhkan barang itu. Jika dibelipun, kamu akan punya double di lemarimu. Sayang, kan?

Karena Beli Grosir Lebih Hemat. Patungan Aja Bareng Teman!

Tips lainnya, beli grosir kemudian yang tidak kamu pilih kamu tawarkan pada keluarga atau temanmu. Asyik, kan?

Berhematlah, Kemudian Sedekahkan Uang yang Berhasil Kau Hemat

Setelah belanja hemat dengan membeli grosir ataupun cari diskonan, kamu bisa menggunakan uang kelebihan yang bisa kamu hemat tadi untuk bersedekah. Bukan untuk belanja barang yang tidak berguna lho, Salihat. Tapi benar-benar untuk sedekah. Misalnya kamu sedekahkan kepada saudarimu yang tidak mampu, sehingga dia bisa memenuhi kebutuhannya. Dengan begitu, belanjamu jadi berkah, Sob!

Sedekahkan Hijabmu yang Tak Terpakai

Kalau tidak punya uang tunai, kamu bisa bersedekah dengan koleksi hijab yang sudah terlalu lama menumpuk di lemari. Dengan begitu, kamu punya alasan kuat untuk berbelanja hijab lagi. It’s okey. Kalau hijabmu tinggal dikit di lemari, kamu bisa belanja beberapa hijab lagi tanpa berlebihan.

Coba Buat Sendiri Hijabmu. Hemat Lho!

Cara yang paling sederhana yaitu dengan membuat hijab segi empat dari kain yang dipotong persegi, kemudian dineci bagian tepinya. Kalau ingin model pashmina, tinggal ubah ukuran panjang dan lebarnya sesuai kebutuhan. Bahan yang kamu gunakanpun bisa beragam, mulai dari katun, sifon, cerruty, paris, sifon motif, dan sebagainya. Intinya, suka-suka kita lah mau dibikin kayak gimana.

Berhijab Sederhana, Bikin Kamu Nggak Ngelirik Hijab Mahal

Oleh karena itu, bijaklah dalam berbelanja hijab, supaya kamu bisa memaknai hijab itu bukan hanya untuk ajang pamer dan ujub. Jadi, gunakan hijab yang sederhana namun memenuhi syarat hijab yang baik.

Sumber : Shopious

Firdayanti