pn-gm0814Membeli baju muslim. Ketika kita berbelanja pakaian, kadang kita masih ragu mengenai kualitas barang tersebut, apalagi jika harganya mahal maka akan semakin membuat kita berpikir ulang untuk membeli baju tersebut apabila kita tidak tahu cara membedakan kualitas sebuah busana. Sebelum kita membeli baju untuk keperluan kita sendiri atau baju untuk keluarga, pasangan, atau anak kita sendiri, ada baiknya kita mengetahui sedikit mengenai kualitas sebuah baju agar puas ketika berbelanja. Berbicara tentang jahitan yang berkualitas, mungkin kita dapat melihat secara kasat mata perbedaannya dengan busana yang tidak berkualitas. Ada beberapa hal umum yang kadang identik dengan kualitas bagus sebuah baju :
  • Menggunakan stik kecil atau strik halus.

Ketika kita membeli sebuh baju , misalnya membeli baju muslim, kita dapat melihat jumlah tusukan jarum per sentimeternya (cm). Untuk sebuah baju yang khusus untuk diekspor rata-rata jumlah tusukan jarum per cm nya sekitas 5-6 tusukan dan untuk baju yang pasarnya pasar lokal biasanya hanya berkisar 4-5 tusukan. Semakin rapat tusukan jarum maka semakin kuat daya tahannya meskipun kualitas dan jenis kain juga ikut berperan disana,. Maka, semakin kecil stik yang digunakan maka jahitan akan semakin rapat sehingga makin kuat.Dan tentu saja makin kecil stik, akan makin banyak benang yang digunakanak.

  • Obrasan dan jahitan pada baju rapi.
Nah ketika kita membeli baju, jangan sungkan untuk membolak-balik baju tersebut, cek obrasan baju yang akan kita beli tersebut, apakah mengkerut, atau rapi. Selain itu, kita juga dapat melihat pada jahitan apakah jahitannya mengambang atau bahkan loncat-loncat. Selain itu perlu diperhatikan juga ketepatan dalam pengerjaan pada bagian yang tampak dari luar seperti krag dan lubang kancing.
  • Menggunakan material yang berkualitas bagus.
Untuk hal ini, kita harus mengetahui jenis-jenis kain terlebih dahulu, namun untuk beberapa pakaian (terutama kaos) kadang sudah tercantum jenis kain yang digunakan untuk membuat baju tersebut. Selain itu, merek kancing, resleting, dan material lain bisa menjadi tolak ukur apakah baju yang ingin kita beli menggunakan bahan-bahan yang memenuhi standar atau tidak, atau minimal sudah teruji kualitasnya selama ini.

  • Memiliki estetika dalam memadukan pola pada bahan/kain
Jika anda membeli baju berpola (batik misalnya) ada cara yang bisa digunakan untuk memastikan apakah baju tersebut berkualitas atau tidak. Potongan antara kerah dan badan, lengan dan badan, saku pada dada dengan motif pada dada yang terdapat pada baju-baju berkualitas selalu pas atau ketemu, sehingga motif tersebut, meskipun sudah terpotong-potong menjadi bagian-bagian penyusun baju (saku,krag,lengan, dll) tetap membentuk pola yang indah dan tidak terputus.
  • Meneliti standar dan tampak dalam kain.
Pada baju-baju yang berkualitas bagus, bagian dalamnyapun terlihat sangat rapi, dan kadang mengikuti kondisi yang sudah jamak. Misal sisa kain dalam untuk baju yang berkualitas bagus biasanya lebih dari 2 cm. Selain untuk mengantisipasi perubahan ukuran tubuh, juga menjaga kekuatan ikatan kain yang dijahit.
Sumber : butiknaura.com

laras

Advertisements