pashmina 1Pasti Anda para muslimah suka bingung jika diundang ke acara yang mengharuskan berpakaian semi formal, misalnya acara pernikahan ataupun acara pesta kecil-kecilan. Bagi Anda yang  berjilbab kadang justru malah pilih outfit yang terlalu santai atau malah heboh banget dan bisa terlihat lebih tua. Bagaimana caranya untuk mensiasati hal-hal tersebut? Inilah beberapa tips yang kami rangkum dari berbagai sumber:

  1. Menggunakan Mini Dress

Untuk memakai mini dress ke acara yang semi formal sebenernya tidak sulit. Anda bisa memakai dalaman/longsleeve shirt dengan warna senada atau pakai blazer untuk tampilan yang lebih modern. Untuk mini skirt juga sama mudahnya, untuk atasannya Anda bisa pilih kemeja atau blouse yang tidak terlalu ramai. Lalu tinggal Anda padankan dengan bawahannya.

  1. Long sleeve dress

Long sleeve dress sekarang ini menjadi salah satu dress yang banyak disukai. Karena lengannya yang panjang, jadi bagi yang berjilbab tidak perlu pusing-pusing lagi. Untuk bawahannya, bisa juga jika Anda kenakan long bandage skirt, untuk kamuflase sehingga terlihat seperti maxi dress.

  1. Maxi

Tidak perlu pusing-pusing lagi, betapa maxi piece itu sangat mempermudah bagi Anda yang berjilbab. Selain mudah di mix and match, modelnya pun ‘longgar’ sehingga tidak terlalu membentuk lekuk tubuh Anda. Untuk yang memiliki tubuh tinggi cocok sekali jika memakai kaftan dress. Tapi bagi Anda yang tidak terlalu tinggi, lebih bagus jika memakai model jumpsuit sehingga badan tidak terlihat tenggelam.

  1. Victorian style

Jika malas memakai dress untuk menghadiri suatu acara pesta, Victorian look bisa dijadiin pilihan untuk gaya berjilbab Anda. Terinspirasi dari beberapa serial tv, Anda dapat pilih blouse dengan full ruffles di bagian depannya. Atau pun kemeja dengan aksen pita yang cantik. Untuk warnanya, pilihan warna pastel adalah pilihan yang paling tepat agar semakin terlihat aksen Victorian-nya.

  1. Hijab

Ini dia bagian yang paling penting yaitu jilbab! Kurang bagus jika busana muslim yang Anda kenakan sudah sempurana, tapi kerudung yang dipakai hanya putih polos tanpa pemanis apapun. Jadi, jika baju muslim. Anda sudah terlalu ramai, bisa memakai tali/small chain untuk dilingkarin di atas sanggulan kerudung . Tapi jika busana muslim Anda terlalu simpel, jangan takut untuk coba pakai big flower corsage atau jepitan dengan aksen fur.

Demikian beberapa tips dalam berbusana saat berangkat ke sebuah pesta. Semoga bermanfaat.

sumber : muslimahhebat.wordpress.com

Arwa