Karena perkembangan fashion maka bisa aja jilbab atau kerudung memakai bahan bahan kain yang bukan biasanya dipakai untuk bahan jilbab dan kerudung. Sebagai pengetahuan saja bahan kain atau jenis kain yang biasa beredar di pasaran, baik sebagai bahan utamanya atau bahan aksesorisnya dalam pembuatan jilbab :

mr-md02a

JERSEY 
Untuk bahan satu ini, agar jatuhnya enak dan terlihat oke melekat di lekuk tubuh Anda, pilih yang bahannya agak berat. Satu ukuran lebih besar akan menghindari kesan pakaian melekat ketat yang tidak enak dilihat.

KATUN/COTTON
Kain katun adalah jenis kain rajut (knitting) yang berbahan dasar serat kapas. Terdapat jenis kain yang mirip dengan kain katun yaitu kain PE.Cara mudah membedakannya adalah apabila kain katun dibakar maka baunya seperti kertas atau kayu dibakar, akan menjadi abu, dan jalannya api lambat.
Keunggulan:

  1. Tidak kusut apabila dicuci
  2. Tidak luntur untuk bahan berwarna
  3. Mudah disablon
  4. Menyerap keringat.
  5. Tidak berbulu

Kelemahan:

  1. Bahan terasa dingin dan sedikit kaku
  2. Mudah kusut
  3. Pakaian / kain akan rusak bila direndam lebih dari 2 jam dalam detergen
  4. Rentan terhadap jamur

LACOSTE
Kain Lacoste adalah jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat kaos polo/kerah/wangki. Lacoste yang banyak digunakan di pasaran adalah jenis Cotton Pique dan juga CVC.

SILK/SUTRA
Jenis kain ini merupakan jenis kain alami yang terbuat dari kepompong ulat sutra. Terlebih dahulu kepompong tersebut melewati beberapa proses, hingga menjadi benang dan jalinan kain. Sutra dikenal memiliki harga yang mahal dengan penawaran kenyamanan yang istimewa. Sutra sangat lembut dan nyaman, selain itu ia juga mengkilap dan terkesan elegan.

SPANDEX 
Lebih dikenal dengan nama Lycra yang merupakan trade mark dari Du Pont. Mempunyai sifat elastisitas yang tinggi, kuat dan memiliki ketahanan gosokan yang tinggi. Spandex adalah jenis serat sintetis yang terkenal memiliki elastisitas lebih baik dari rubber. Kain spandex bisa mencapai tingkat elastisitas dengan tarikan sampai 500%.

Sumber : sentraljilbab

Firdayanti