Semua orang tua tentu menginginkan anak yang cerdas, berprestasi, dan saleh. Tidak heran, sekolah-sekolahyang menawarkan program pendidikan unggul, yaitu program pendidikan yang mampu mengembangkan kecerdasan intelektual anak secara optimal dan basis pendidikan agama yang kuat, dengan fasililtas yang lengkap, menjadi pilihan banyak orang tua untuk menyekolahkan anak mereka. Demi menjadikan anak pintar, terampil, dan saleh.

Seolah merespons kebutuhan orang tua yang sangat tinggi akan pendidikan Islam yang unggul, berbagai lembaga pendidikan Islam pun hadir. Mereka berlomba-lomba memberikan yang terbaik kepada seluruh peserta didiknya. Saking bertebarannya lembaga pendidikan Islam, kadang orang tua mengalami kesulitan untuk memilih satu yang terbaik untuk buah hatinya.

Anda barangkali termasuk satu di antara sekian banyak orang tua yang mengalami kebigungan memilihkan sekolah Islam yang paling tepat untuk ananda tercinta. Jika demikian, berikut tips untuk Anda memilih sekolah Islam untuk putra-putri Anda.

qk65

>>>Sesuaikan dengan kemampuan finansial

Kerap kali sekolah Islam unggulan yang memiliki program pembelajarann bagus dan fasilitas lengkap, menetapkan biaya pendidikan yang tidak semua orang mampu menjangkaunya. Semua orang tua tentu ingin anaknya bisa mendapatkan pendidikan di lembaga pendidikan Islam seperti ini. Hanya saja, jika biaya yang harus Anda bayarkan terasa sangat mahal untuk Anda, ada baiknya Anda mencari sekolah lain yang juga berkualitas, tetapi biayanya lebih terjangkau. Jadi, Anda dan anak Anda akan sama-sama merasa nyaman.

>>>Kualifikasi pendidik

Pendidik yang baik bukan hanya yang pintar, tetapi ia juga harus memiliki kemampuan yang untuk mentransfer ilmunya kepada anak didiknya (kemampuan komunikasinya baik), berakhlak mulia, dan kreatif.

>>>Fasilitas pendidikan

Sekolah yang baik memiliki fasilitas pendidikan yang bukan hanya lengkap, tetapi juga aman digunakan. Dengan demikian, anak-anak dapat menggunakannya dengan nyaman.

>>>Rekam jejak

Sebelum memilih sebuah sekolah untuk putra-putri Anda, sebaiknya Anda mempelajari rekam jejak sekolah tersebut. Prestasi apa saja yang pernah diraih siswa dan gurunya.

>>>Pertimbangan lokasi

Seyogianya Anda memilih sekolah yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah. Sekolah yang berjarak terlalu jauh dari rumah akan memaksa anak.Anak bangun lebih pagi, pulang lebih telat karena lamanya perjalanan. Kondisi ini dapat membuat anak kurang istirahat sehingga kelelahan dan bisa sakit.

>>>Perhatikan lingkungan sekolah

Sekolah yang baik terlihat rapi dan bersih, dengan anak-anak yang memiliki disiplin dan perilaku positif.

demikian tipsnya semoga anak kita selalu berada di lingkungan yang benar dan dijakan-Nya.

sumber: nabawiislamicschool.com

meta

Advertisements