f-gs122Sebagai seorang muslimah memang kita diwajibkan menggunakan busana muslimah yang menutup seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan wajah. Nah bagaimana jika kita menerima undangan pernikahan atau acara syukuran atau pesta dari seorang teman kita? Apakah kita akan menolaknya? Tentunya tidak, yang kita butuhkan hanyalah model dari busana muslimah seperti baju gamis dan jilbab yang sesuai untuk menghadiri acara pesta tersebut. Hal ini selain akan menumbuhkan rasa percaya diri kita, juga sebagai syiar dimana wanita-wanita muslimah lain yang belum memakai busana muslimah sesuai syariat dan datang ke acara tersebut melihat penampilan kita dan merasa nyaman dengan busana kita, sehingga mereka berpikiran untuk ikut memakainya suatu saat kelak.

Nah bagaimana memilih gamis syar’i dan jilbab yang sesuai untuk menghadiri sebah pesta? Berikut beberapa tips untuk Anda:

  1. Pemilihan bahan

Pilihlah bahan yang nyaman, misalnya siang hari beresiko lebih berkeringat, maka pilihlah bahan gamis yang menyerap keringat seperti katun, sifon, ataupun sutra.

  1. Hati-hati dalam pemilihan warna di siang hari

Untuk pemilihan warna busana gamis di siang hari hendaknya memilih warna lembut dan tidak terlalu kontras. Seperti biru muda, krem, merah bit, dan sebagainya.Hal ini akan lebih terlihat enak dipandang sehingga Anda akan lebih percaya diri dalam memakainya.

  1. Hiasan atau Aksesoris

Misalnya memilih busana muslim gamis dan kerudung panjang, maka agar berilah sedikit detail atau aksesoris pada gamis bagian bawah. Baik itu berupa border, payet, renda, aplikasi, sulam, dsb. detail tidak perlu banyak-banyak, hal tersebut bertujuan untuk mempermanis gamis.

  1. Pemilihan model gamis

Seiring dengan perkembangan mode. kini gamis sudah memiliki banyak model. Bisa di variasi dengan rompi sifon, tali pinggang, atau dimodifikasi dengan bahan warna lain yang mempermanis gamis. Model tangan pun bisa divariasi, baik itu tangan lurus, tangan lonceng, lebar, balon, manset, dan sebagainya sehingga gamis yang dikenakan tampak lebih chic.

  1. Penambahan Selendang

Agar lebih terlihat formal, tidak ada salahnya mengenakan selendang. Namun ingat bahan selendang harus disesuaikan dengan bahan gamis muslim dan jilbab, dan jangan lupa memperhatikan warna yang serlaras dan seimbang.

  1. Pakailah Gamis yang Sesuai dengan Tema Pesta

Boleh saja memilih busana muslim gamis yang simple, hanya berupa terusan seperti gamis-gamis yang ada. Namun untuk model ini, perhatikan jenis dan motif bahan. Kenakanlah bahan baju muslim gamis sutra ‘three in one’ ( yang terdiri dari gamis, jilbab dan selendang satu paket). Meski hanya model gamis biasa, namun bahan sutra tetap memberikan kesan mewah.

  1. Penambahan Aksesoris

Boleh juga menambahkan aksesoris, entah itu cincin, tas, bros, tas juga sepatu yang serasi. Namun jangan dikenakan terlalu berlebihan, jika gamis sudah cukup ramai, cincin saja sudah cukup menjadi aksesoris yang manis.

Demikianlah beberapa tips dalam memilih model dan bahan baju gamis syar’i dan jilbab saat akan mendatangi sebuah pesta. Semoga bermanfaat.

sumber : muslimahhebat.wordpress.com

Arwa