d-df59c-df60c

Ada berapa koleksi busana kita di lemari? Tak terhitung? Sebenarnya tak penting seberapa banyak tumpukan baju kita, yang terpenting perawatannya, seperti bagaimana cara mencuci. Pasalnya tidak semua bahan atau kain bisa dicuci dengan mesin cuci maupun dikucek dengan tangan.

Setiap baju yang kita beli akan memberikan petunjukkan cara penyucian pada labelnya atau jika tidak ada, kita sebagai pembeli berhak bertanya pada penjual tentang cara mencuci. Jika cara pencucian tidak bisa dilakukan di rumah, kita dapat menggunakan jasa binatu. Berikut ini yang harus diperhatikan sebelum mencuci.

– Perhatikan label
Kebanyakan produsen hanya merekomendasikan satu cara membersihkan pakaian. Jika di label tertulis DRY-CLEAN ONLY, kita harusmembersihkannya dengan me

tode tersebut atau membawanya ke jasa binatu. Biasanya untuk baju yang berbahan silk, acetate, velvet, wol, dan taffeta.

– Cek warna luntur
Ketika kita membeli pakaian, kita tidak tahu pakaian tersebut luntur atau tidak. Kita dapat mengetahuinya ketika dicuci. Sebelum mencampurkan baju yang akan dicuci, sebaiknya cek baju apakah warnanya akan luntur atau tidak. Caranya, ambil kapas lalu basahi dengan sedikit detergen, oleskan pada bagian baju yang tersembunyi, lihat reaksinya apakah warna akan lepas atau tidak. Jika ya, pisahkan baju tersebut dengan yang lain. Untuk antisip

asi, pisahkan baju putih dengan baju warna lain.

– Cek luntur hiasan
Biasanya petunjuk pencucian hanya untuk baju polos atau baju dengan aksen (hiasan), tetapi aksennya tidak diperhatikan. Hiasan pada baju dapat berupa manik-manik, payet, korsase, dan lainnya. Sebelum mencuci, patikan hiasan tersebut dijahit, bukan dilem, lalu cek hiasan, apakah warnanya akan luntur atau tidak seperti di atas.

– Cuci dengan siklus pendek
Untuk busana berbahan katun, linen, kasmir, polyester, akrilik, dan nilon dapat dicuci di rumah. Pastikan mesin cuci dalam kondisi baik, putar panel mesin cuci dengan siklus pendek. Bagi yang ingin mengucek pakaian, sebaiknya gunakan detergen yang cocok dengan kondisi tangan kita, agar tidak perih dan kering.

– Tak perlu pengering
Jika mencuci dengan mesin cuci, setelah baju bilas akan dikeringkan di dryer, tetapi jangan terlalu melakukannyaa. Karena terlalu banyak panas merusak aksen dan serat kain. Letakkan pakaian yang datar sampai kering pada handuk putih untuk mencegah discoloring, jika hal ini rumit cukup keringkan di bawah terik sinar matahari.

sumber:tribunnews.com

by

meta